Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman dan Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Fadil Imran melakukan inspeksi ke Pos Terpadu Pemeriksaan Rapid Test Antigen  di Jalan Tol Km 34, Cibatu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Anies mengatakan tes cepat (rapid test) antigen di posko tersebut terhadap penumpangnya berjalan acak (random) sebagai langkah deteksi (skrining) awal terhadap masyarakat yang mengikuti arus balik libur Lebaran 1442 Hijriah dari kampung halaman menuju Jakarta.

"Di tempat ini, mobil-mobil dipilih secara 'random', lalu dipilih penumpang secara 'random' pula untuk pelaksanaan 'rapid test'. Tujuannya adalah sebagai skrining pertama bagi warga yang kembali ke Jakarta,” ujar Anies saat menggelar konferensi pers di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu.

Anies tiba di Posko Swab Antigen Terpadu di Jalan Tol Kilometer 34, Cibatu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu, sekitar pukul 10.55 WIB.

Anies berangkat pukul 10.13 WIB dari Balai Kota Provinsi DKI Jakarta bersama Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Irjen Polisi Fadil Imran dan Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya) Mayjen TNI Dudung Abdurachman. Baca juga: DKI minta warga yang tiba di Jakarta lapor RT dan RW
Baca juga: Pemudik tak punya surat bebas COVID-19 diimbau datangi Polsek terdekat


Petugas posko penyekatan larangan mudik KM 31 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memeriksa kelengkapan surat kendaraan pemudik pada H-1 Idul Fitri 2021. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah)
Rombongan kemudian melangsungkan rapat terbatas di dalam Posko Terpadu Pemeriksaan Tes Cepat (Rapid Test) Antigen Drive Thru Polda Metro Jaya.

Sekitar pukul 11.12 WIB, Gubernur DKI Jakarta, Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya menjeda rapat untuk mengecek ke lapangan guna memastikan proses tes usap (swab) antigen di lapangan berjalan benar.

Gubernur, Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya juga memasang stiker bebas COVID-19 kepada setiap mobil pribadi yang penumpangnya sudah melakukan pemeriksaan dan dinyatakan negatif usai dilakukan tes usap.

Anies juga mengecek jumlah pengecekan yang dilakukan hari ini serta menyemangati tenaga kesehatan yang bertugas di lapangan.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021