Lamongan (ANTARA News) - Pengurus Provinsi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jawa Timur cukup puas dengan pencapaian prestasi tim-tim setempat di berbagai ajang kompetisi sepanjang musim 2010, mulai tingkat junior hingga profesional.

Sekretaris Umum Pengprov PSSI Jatim Joko Tetuko kepada wartawan di sela-sela rapat kerja daerah di Lamongan, Minggu, mengatakan pencapaian prestasi itu tidak lepas dari semakin baiknya program pembinaan di daerah.

"Sejauh ini, hasil yang dicapai tim-tim Jatim sudah cukup maksimal dan diharapkan pada musim 2011 bisa lebih baik lagi," katanya.

Sejumlah prestasi yang dicatat tim Jatim, antara lain juara nasional Piala Danone U-12 melalui tim Banteng Muda Malang yang selanjutnya akan mewakili Indonesia pada turnamen tingkat dunia.

Kemudian dari kompetisi Divisi III Nasional, tim Persenga Nganjuk dan Perseba Bangkalan menempati posisi tiga dan empat. Dari kompetisi Divisi II Nasional, Persewangi sukses menjadi runner up.

Sedangkan dari kompetisi Divisi I Nasional, Persekam Malang Metro FC berhasil tampil sebagai jawara dan berhak promosi ke Divisi Utama musim 2011.

Selain itu, Persibo Bojonegoro juga menorehkan gelar juara Divisi Utama sehingga berhak promosi ke Liga Super Indonesia, bersama Deltras Sidoarjo yang berhasil menempati peringkat ketiga.

Dari kancah kompetisi profesional, tim "Singo Edan" Arema Indonesia tampil sebagai juara Liga Super Indonesia.

"Sejumlah catatan prestasi tersebut, semakin menguatkan posisi Jatim sebagai provinsi sepak bola di pentas nasional. Itu belum termasuk prestasi di kejuaraan U-15 dan Piala Suratin U-18 ," ujar Joko Tetuko.

Mantan wartawan sebuah harian di Surabaya ini, menambahkan Pengprov PSSI Jatim tetap akan fokus pada pembinaan pemain usia dini dan junior, untuk modal mencetak bibit-bibit pemain masa depan.

Terkait Rakerda PSSI Jatim, Joko Tetuko menjelaskan agenda utama pada kegiatan tahunan ini adalah evaluasi program program jangka pendek dan panjang, selain juga ajang konsolidasi organisasi untuk menyesuaikan dengan statuta baru PSSI.

Rakerda juga membahas keluarnya surat edaran Menteri Dalam Negeri mengenai penggunaan dana APBD untuk pembinaan sepak bola di daerah.

"Kami menyambut positif surat edaran itu. PSSI Jatim akan menyiapkan rancangan dan program yang terencana untuk pembinaan sepak bola," tambahnya.

Menurut rencana, Rakerda PSSI Jatim ditutup Gubernur Soekarwo pada Senin (16/8), sekaligus dilakukan peluncuran turnamen pramusim Liga Jatim 2010 dan Piala Pakde Karwo-Gus Ipul.

(D010/T009/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010