Baubau, Sultra (ANTARA News) - Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara serta seluruh komponen masyarakat, menyepakati bahwa pada Oktober 2010 nanti kota itu telah Berusia Ratusan tahun.

Walikota Baubau, Mz Amirul Tamim di Baubau Minggu mengatakan, kesepakatan ini akan ditetapkan pada Hari Ulang Tahun (HUT) kota Baubau yang ke-9 tahun sebagai daerah otomoni.

"Momentum HUT ke-9 nanti Isyah Allah komponen masyarakat akan sepakat bahwa kota Baubau bukan baru lahir dalam usia 9 tahun, tetapi sebenarnya kota Baubau sudah lama lahir dengan sajarah panjangnya," katanya.

Ia menambakan, pemkot sedang mengumpulkan referensi yang membuktikan bahwa Baubau sudah ada sejak berabad-abad lalu. Selanjutnya akan di bahas melalui rapat bersama tokoh masyarakat, tokoh adat dan pihak lainnya untuk proses penetapannya.

"Kami sudah agendakan rapat tersebut, kira-kira dua minggu sebelum peringatakan HUT kota Baubau yang ke 9," tambahnya.

Amirul menjelaskan, kota Baubau di mekarkan dari daerah asal, yaitu kabupaten Buton pada tanggal 13 Oktober 2001. Namun sebelumnya, kota Baubau telah menjadi ibukota kesultanan Buton, Kabupaten Sulawesi Tenggara, dan Kabupaten Buton.

"Kota Baubau telah berusia ratusan tahun dibuktikan dengan sejarah peradaban masalah lampau di kawasan timur Indonesia, yang hanya mengenal tiga wilayah suku bangsa besar, yakni suku Bugis Makasar, Ternate dan suku Buton, yang beribukota Baubau," jelasnya.

Saat ini, pemerintah kota Baubau terus membenahi sejumlah infrastruktur yang ada, karena apabila Wacana pembentukan Calon Propinsi Buton Raya yang telah di cita-citakan masyarakat kota Baubau dan beberapa daerah yang masuk dalam lingkup Buton Raya, kota Baubau akan menjadi ibu kota Calon propinsi Buton Raya tersebut.

(ANT-175/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010