Padang (ANTARA News) - Enam Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II menghadiri pelantikan Gubernur Sumatera Barat periode 2010-2015 Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Muslim Kasim di DPRD setempat, Minggu.

Diantara Mendagri Gamawan Fauzi yang memimpin pelantikan, tampak hadir Menteri Hukum dan Ham Patrialis Akbar, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian Suswono, Menteri Sosial Salim Segaf Aljufri, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring.

Menteri Pertahanan Malaysia Datuk Seri Ahmad Zahid Bin Hamidi juga turut hadir menyaksikan pelantikan tersebut.

Mendagri Gamawan Fauzi pun mengatakan bahwa pelantikan Gubernur Sumbar tersebut paling banyak dihadiri menteri.

"Setiap saya melantik gubernur, paling banyak hanya dihadiri dua Menteri, namun pada pelantikan Gubernur Sumbar sangat luar biasa, tujuh menteri sekaligus hadir," kata dia.

Menurut Gamawan, banyaknya menteri, tokoh, dan masyarakat yang hadir menandakan mereka punya harapan baru terhadap gubernur terpilih. "Gubernur dan wakil gubernur walaupun didahulukan selangkah hakikatnya adalah pelayan masyarakat," kata Mendagri.

Pelantikan Gubernur Sumbar 210-2015 juga dihadiri Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman, Anggota DPD RI daerah pemilihan Sumbar, Riza Fahlevi serta anggota DPR RI daerah pemilihan Sumbar, Nudirman Munir, Taslim dan lainnya.

Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto juga terlihat hadir saat acara pelantikan tersebut. Dua orang mantan Gubernur Sumbar, Hasan Basri Durin dan Azwar Anas turut hadir. Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heriawan juga menyaksikan pelantikan bersama Wakil Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pudjo Nugroho.

Pelantikan dihadiri pula oleh kepala daerah yang ada di Sumbar. Terlihat Walikota Padang Fauzi Bahar, Walikota Sawahlunto Amran Nur, Walikota Padang Panjang Syuir Syam serta Bupati Pesisir Selatan, Nasrul Abit hadir.

Irwan Prayitno dan Muslim Kasim dilantik menjadi Gubernur Sumbar dan Wakil Gubernur oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi setelah ditetapkan oleh KPU Sumbar sebagai pemenang pilkada dengan perolehan suara 657.363 pemilih (32 persen).

(ANT-207/S023/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010