Pelaku usaha menantikan vaksin ini, karena untuk mempercepat operasional usaha mereka agar segera pulih
Jakarta (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia membangun fasilitas sentra vaksinasi gotong royong di Senayan Park Mall (Spark Mall), Jakarta.

"Jadi, Kadin vaksin center ini berfungsi sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi. Kami harapkan fasilitas yang ada sudah bisa memenuhi kebutuhan untuk dilakukannya vaksinasi," kata Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani, dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menurut Rosan, hadirnya sentra vaksinasi gotong royong ini merupakan bentuk komitmen nyata dari Kadin Indonesia. Tidak hanya menginisiasi atas hadirnya program vaksinasi gotong royong dan memfasilitasi badan usaha yang mau membeli vaksin untuk karyawan dan keluarga karyawan, tetapi juga membantu perusahaan yang tidak memiliki kerjasama dengan Fasilitas Layanan Kesehatan (fasyankes), terutama UMKM, khususnya yang di Jakarta untuk dapat menggunakan sentra vaksinasi gotong royong.

Dia menuturkan, Kadin vaksin center tersebut bisa menampung dan melakukan vaksinasi minimal 500 orang hingga maksimal 1.000 orang per hari.

"Pelaku usaha menantikan vaksin ini, karena untuk mempercepat operasional usaha mereka agar segera pulih. Kita harapkan dengan adanya vaksinasi di kalangan bisnis akan turut berimbas positif terhadap pertumbuhan ekonomi kita," ujar dia.

Kadin menghimpun lebih dari 22.000 badan usaha baik UMKM dan korporasi yang telah mendaftar program vaksin gotong royong sejak akhir Januari hingga saat ini.

Pelaksanaan (kick off) vaksinasi gotong royong serentak di 18 perusahaan pada 18 Mei 2021 yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Joko Widodo. Sedikitnya ada 200 perusahaan yang sudah mendaftarkan karyawan atau yang dengan keluarga karyawannya sebagai peserta mengikuti vaksinasi tahap pertama.

Peserta vaksinasi dalam acara kick off itu merupakan perusahaan yang telah mendaftar di tahap pertama, selain juga sesuai arahan pemerintah pelaksanaan diutamakan pada sektor manufaktur/padat karya. Antara lain Unilever Indonesia, Indocement Tunggal Prakarsa, Chandra Asri Petrochemical, Hanjaya Mandala Sampoerna, Pan Brothers, Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Mayora Indah, Kalbe Farma, Coca Cola Bottling Indonesia, Yuasa Battery Indonesia, Sinar Mas, Astra Otoparts, United Tractors, Ariobimo Laguna Perkasa, Gunung Sewu Kencana, Gajah Tunggal, Indah Kiat Pulp and Paper, serta Asahimas Flat Glass.

Dalam merealisasikan sentra vaksinasi gotong royong, Kadin Indonesia bersinergi erat dengan Siloam Hospitals Group dan Lippo Malls yang berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh kepada pemerintah.

Hingga April 2021, Siloam Hospitals telah melakukan vaksinasi COVID-19 kepada lebih dari 110.000 jiwa yaitu lebih dari 26.000 tenaga kesehatan dan 87.000 masyarakat lanjut usia dan profesi lainnya.

“Sinergi ini kami lakukan agar distribusi vaksin dapat sampai ke masyarakat secara merata. Saat ini pun kami berkoordinasi erat dengan Kadin Indonesia dalam hal operasional sentra vaksinasi gotong royong di Senayan Park Mall,” ujar Presiden Direktur PT Siloam International Hospitals, Tbk Darjoto Setyawan.

Chief Executive Officer PT Lippo Karawaci, Tbk dan Presiden Komisaris PT Siloam International Hospitals, Tbk John Riady menyambut baik kerja sama ini dan mengutarakan optimismenya akan program vaksinasi gotong royong.

“Vaksinasi gotong royong tidak hanya akan melindungi karyawan perusahaan dengan terbangunnya kekebalan komunitas terhadap virus COVID-19, namun juga akan menjadi penggerak untuk percepatan Indonesia bangkit dari berbagai sektor usaha sehingga mempercepat pemulihan perekonomian nasional,” ujar John Riady.

Baca juga: Vaksin gotong-royong bentuk dukungan pengusaha pulihkan ekonomi
Baca juga: Erick Thohir: UMKM bisa ikut vaksin gratis atau vaksin Gotong Royong
Baca juga: Didistribusi dengan skema gotong royong, ini profil vaksin Sinopharm


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021