Banda Aceh (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Aceh menyebutkan ada penambahan 74 orang pasien infeksi virus corona di daerah itu yang dinyatakan sembuh pada Selasa malam, sehingga totalnya telah mencapai 10.405 orang.

"Pasien sembuh bertambah 74 orang, kemudian kasus baru yang terinfeksi juga bertambah 128 orang dan empat orang meninggal dunia dalam 24 jam terakhir," kata Juru Bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Rabu.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 bertambah 5.628 orang

Ia menjelaskan puluhan kasus sembuh meliputi warga Banda Aceh 35 orang, Kabupaten Aceh Tamiang 11 orang, Bireuen 10 orang, Gayo Lues enam orang, Bener Meriah, Aceh Barat tiga orang, Aceh Tengah dua orang, dan Kabupaten Aceh Utara satu orang serta tiga orang lainnya warga luar daerah Aceh.

"Sedangkan empat orang yang dilaporkan meninggal dunia, dalam 24 jam terakhir, yakni warga Aceh Tamiang dua orang dan masing-masing satu orang warga Lhokseumawe dan Aceh Jaya," katanya.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Purbalingga sembuh 5.252 orang

Sementara 128 kasus baru meliputi warga Pidie 23 orang, Banda Aceh 18 orang, Aceh Besar 15 orang, Lhokseumawe 12 orang, Bireuen 10 orang, Aceh Utara sembilan orang, Langsa dan Aceh Tengah masing-masing delapan orang.

Selanjutnya warga Aceh Tamiang enam orang, Gayo Lues lima orang dan warga Pidie Jaya tiga orang. Sedangkan warga Aceh Tenggara, Aceh Timur, dan Bener Meriah masing-masing satu orang, sementara sisa delapan orang lainnya merupakan warga luar daerah.

Baca juga: Kasus COVID-19 bertambah 4.295 orang dan 5.754 pasien sembuh

Menurut dia kasus-kasus baru COVID-19 yang dilaporkan tersebut hampir merata di seluruh daerah Tanah Rencong, kecuali Kota Subulussalam, Aceh Selatan, Aceh Barat, Simeulue, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Aceh Jaya dan Kota Sabang yang tidak memiliki penambahan kasus baru.

“Ini hendaknya menjadi alarm untuk meningkatkan kewaspadaan di seluruh Aceh," ujarnya.

Dia meminta warga provinsi ujung barat Indonesia itu untuk tidak abai terhadap penerapan protokol kesehatan mulai dari menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Hingga kini, secara akumulatif kasus COVID-19 di Aceh telah mencapai 12.468 orang, di antaranya penyintas yang telah sembuh sebanyak 10.405 orang, pasien masih dirawat 1.560 orang dan penderita yang meninggal dunia telah mencapai 503 orang.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021