Bersama empat pilar (TNI, Polri, Pemda dan RW) melakukan pendataan
Jakarta (ANTARA) - Pihak Kampung Tangguh Jaya (KTJ) Cakra Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mendirikan posko tes usap antigen gratis bagi pemudik yang kembali ke Kampung Makasar, Jakarta Timur, guna mencegah penyebaran COVID-19 usai liburan Lebaran 2021.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Rabu, mengatakan pihaknya menggandeng Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hingga ke tingkat rukun warga dan unsur TNI untuk mendirikan posko tes usap antigen COVID-19 di RW 02 Kelurahan Makasar, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.

"Bersama empat pilar (TNI, Polri, Pemda dan RW) melakukan pendataan dan membatasi warga yang keluar-masuk KTJ Cakra, agar warga yang nekat mudik bisa terdeteksi," kata Sambodo.

Sambodo menuturkan petugas gabungan itu akan memberikan tanda berupa stiker di pintu rumah warga yang kembali mudik dari kampung halamannya.

Baca juga: BNPB minta Pemprov DKI waspadai penularan COVID-19 pemudik Sumatera

Diungkapkan Dirlantas Polda Metro Jaya itu, program posko antigen COVID-19 itu bernama "micro lockdown" bagi pemudik yang kembali ke Jakarta.

Sambodo menyebutkan petugas akan menjemput warga yang ketahuan kembali ke Jakarta atau tidak berada di rumah karena mudik berdasarkan pendataan untuk menjalani tes usap antigen.

"Yang mudik dan tak bisa menunjukkan surat negatif COVID-19 maka akan dibawa ke posko tes usap antigen. Lokasinya ada di GOR Kelurahan Makasar, sudah buka sejak Senin kemarin," ujar Sambodo.

Sambodo menambahkan warga usia lanjut atau sakit akan didatangi langsung untuk menjalani tes usap antigen di rumahnya.

Baca juga: Polsek Jagakarsa temukan satu pemudik positif COVID-19

Berdasarkan hasil pendataan, petugas KTJ Polda Metro Jaya menemukan 14 warga Kampung Makasar yang mudik, namun hasil tes antigen menunjukkan hasil negatif COVID-19.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021