Ada 148 warga arus balik positif COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Pos penyekatan Polda Metro Jaya menemukan 148 warga arus balik ke Jakarta positif COVID-19 dalam rentang waktu tiga hari.

"Ada 148 warga arus balik positif COVID-19," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu.

Yusri mengatakan mereka ditemukan setelah petugas memeriksa sebanyak 22.762 pemudik yang kembali ke Jakarta dengan menggunakan 5.955 kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Pemudik yang terkonfirmasi positif COVID-19 itu saat ini tengah menjalani isolasi. Sebanyak 74 pemudik di antaranya menjalani isolasi mandiri, 57 dirujuk ke Wisma Atlet dan sisanya dirujuk ke fasilitas isolasi di luar wilayah Polda Metro Jaya.

Polda Metro Jaya telah menyiapkan 14 titik pemeriksaan surat keterangan bebas COVID-19 yang juga menyediakan layanan tes usap (swab) antigen gratis.

Baca juga: Hasil tes cepat, 148 orang reaktif COVID-19 di Posko Arus Balik

Pos tersebut disiapkan setelah diterapkan kebijakan pemudik yang akan kembali ke Jakarta wajib mempunyai surat keterangan bebas COVID-19.

Apabila pemudik tidak mempunyai surat keterangan bebas COVID-19, maka yang bersangkutan akan diarahkan petugas untuk melakukan tes usap antigen di pos-pos yang sudah disediakan.

Pemudik yang negatif COVID-19 diperbolehkan melanjutkan perjalanan menuju Ibu Kota. Sedangkan yang positif akan dibawa ke Wisma Atlet Kemayoran untuk menjalani tes usap PCR.

Polda Metro Jaya memberlakukan operasi pemeriksaan pada arus balik hingga 24 Mei 2021 guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 usai libur Idul Fitri 1442 Hijriah.

Adapun lokasi pos pemeriksaan dan layanan tes usap antigen tersebut, yakni:

Baca juga: Polda Metro sambangi pemudik di Kalibata untuk tes usap COVID-19

1. Area parkir KM 34B Cibatu Tol Cikampek arah Jakarta.
2. Terminal Kalideres.
3. Terminal Pulogebang.
4. Terminal Tanjung Priok.
5. Terminal Kampung Rambutan.
6. Kebon Nanas, Kota Tangerang.
7. Jatiuwung, Kota Tangerang.
8. Kantor Dishub Batuceper, Kota Tangerang.
9. Jalan Raya Rengas-Lemahabang, Kabupaten Bekasi.
10. Pos Sasak Jarang, Kota Bekasi.
11. Pos Tomyang, Kota Bekasi.
12. Jalan Raya Parung, Ciputat, Bojongsari, Depok.
13. Jalan Raya Bogor di SPBU Cilangkap.
14. Jalan Gatot Subroto, Bitung, Tangerang Selatan.

Baca juga: Anies inspeksi posko tes cepat antigen arus balik di Kabupaten Bekasi

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021