Jakarta (ANTARA) - Satuan Tugas COVID-19 mengevakuasi seorang warga Pasar Minggu, Jakarta Selatan ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet karena positif COVID-19 usai menjalani tes usap antigen oleh kepolisian sektor setempat.

"Kami bersama warga dan ketua RT serta Satgas COVID setempat langsung melakukan 'tracing' (penelusuran) ke keluarganya," kata Kepala Polsek Metro Pasar Minggu Komisaris Polisi Bambang Handoko, di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, warga berinisial RDA yang baru kembali ke Jakarta setelah mudik Lebaran tersebut akan menjalani pemeriksaan lanjutan di RS Darurat Wisma Atlet.

Ia melanjutkan setelah dibawa ke Wisma Atlet, tiga orang anggota keluarga yang sempat kontak erat dengan RDA juga positif setelah menjalani tes usap antigen.

Polsek Pasar Minggu mengadakan tes usap antigen gratis kepada warga yang sempat mudik Lebaran dan tidak memiliki keterangan negatif COVID, yang dipusatkan di Posko Polsek setempat dan di Posko Kampung Tangguh Jaya (KTJ) Pejaten Timur.

Baca juga: Dua pemudik di Kebayoran Lama positif COVID-19

Di Pejaten Timur sebanyak 39 orang warga menjalani tes usap antigen dan semuanya negatif sedangkan di Posko Polsek Pasar Minggu diikuti 72 orang, dengan satu orang di antaranya positif dari hasil tes usap antigen.

Sesuai dengan kebijakan Kapolri dan Kapolda Metro Jaya terkait antisipasi penyebaran COVID-19 setelah Idul Fitri 1442 Hijriah, maka Polsek Pasar Minggu akan menggelar tes usap antigen gratis setiap hari.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Posko Swab Antigen Gratis Polsek Pasar Minggu dan dilaksanakan berkeliling di KTJ yang ada di wilayah Polsek Pasar Minggu.

Warga yang diwajibkan mengikuti tes usap, kata dia, merupakan warga yang mudik dan sudah kembali ke Jakarta, namun tidak dapat menunjukkan surat negatif COVID-19.

Mereka kemudian didata Ketua RT/RT setempat yang berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas.

Baca juga: Data sementara, 264 pemudik positif COVID-19, sebut satgas

Apabila warga tersebut tidak datang ke posko untuk dites, maka petugas akan mendatangi rumah yang bersangkutan dan langsung dites usap di tempat.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021