Vaksinasi Gotong Royong bentuk upaya manajemen dalam memberikan proteksi menyeluruh bagi karyawan menghadapi pandemi COVID-19.
Kotabaru (ANTARA) - Industri semen Tiga Roda, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, melakukan gerakan vaksinasi mandiri atau vaksin gotong royong terhadap 1.000 karyawan sebagai salah satu upaya untuk mencegah penularan COVID-19.

"Ada 1.000 karyawan Indocement di tiga zona merah yaitu, kompleks Pabrik Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Kantor Pusat Indocement Jakarta, dan kompleks Pabrik Cirebon Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, akan mendapatkan vaksin COVID-19," kata Direktur Utama Indocement, Christian Kartawijaya, melalui siaran pers,  Rabu.

Dia menjelaskan, Vaksinasi Gotong Royong merupakan bentuk upaya manajemen dalam memberikan proteksi menyeluruh bagi semua karyawan Indocement dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Ini adalah bentuk nyata kepedulian perusahaan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, dan saya berpesan khususnya bagi seluruh karyawannya agar tetap memperhatikan protokol kesehatan walaupun sudah menerima vaksinasi,” tuturnya.

Ketua Serikat Pekerja, Ribut Santoso, bersyukur bisa mendapatkan vaksin COVID-19 dari program Vaksinasi Gotong Royong sehingga ia tidak lagi was-was dan khawatir dalam bekerja dan beraktivitas.

"Kita sama-sama bersyukur dengan adanya program Vaksinasi Gotong Royong dan ini sangat membantu utamanya dalam beraktivitas keseharian,” kata Ribut.
Baca juga: Disaksikan Presiden, 1.000 karyawan Indocement divaksin Gotong Royong
Baca juga: 576 kader kesehatan Bogor dilatih tangkal hoaks soal vaksin COVID-19


Sementara itu, Indocement adalah salah satu dari 18 perusahaan di Indonesia yang mendapatkan jatah vaksin COVID-19 tahap pertama dalam program vaksinasi, dengan mendaftarkan seluruh karyawannya untuk divaksin.

Hal ini merupakan bentuk komitmen dan aksi nyata Indocement untuk memutus mata rantai pandemi COVID-19. Dengan terlaksananya program vaksinasi gotong royong tidak lepas dari kerja sama yang dijalin oleh Indocement dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia.

Vaksinasi perdana COVID-19 dilakukan pada 18 Mei 2021 kepada 70 karyawan Indocement yang terdiri dari perwakilan Direksi, Serikat Pekerja, Ikatan Staf Manajemen, serta perwakilan dari setiap plant/divisi, yang disaksikan dan dipantau langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, secara virtual.

Indocement adalah salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dan saat ini Indocement dan entitas anaknya bergerak dalam beberapa bidang usaha yang meliputi pabrikasi dan penjualan semen (sebagai usaha inti) dan beton siap-pakai, serta tambang agregat dan trass, dengan jumlah karyawan sekitar 5.000 orang.

Indocement mempunyai 13 pabrik dengan total kapasitas produksi tahunan sebesar 24,9 juta ton semen. Sebanyak 10 pabrik berlokasi di Kompleks Pabrik Citeureup, Bogor, Jawa Barat; dua pabrik di Kompleks Pabrik Cirebon, Cirebon, Jawa Barat; dan satu pabrik di Kompleks Pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan.
Baca juga: Gandeng ULM, Indocement terbitkan "Buku Pintar COVID-19 Untuk Ibu"

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021