PMI salurkan donasi Rp1 miliar untuk rakyat Palestina

PMI salurkan donasi Rp1 miliar untuk rakyat Palestina

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla secara simbolis menerima donasi untuk rakyat Palestina sebesar Rp1 miliar dari kitabisa.com yang dihimpun melalui urun dana pada Rabu, (19/5). Donasi tersebut langsung disalurkan PMI untuk rakyat Palestina melalui Bulan Sabit Merah Palestina. ANTARA/HO-Humas PMI Pusat.

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) menyalurkan donasi publik sebesar Rp1 miliar yang dihimpun dari urun dana kitabisa.com untuk membantu berbagai kebutuhan rakyat Palestina yang saat ini tengah dilanda konflik.

"Dana yang dihimpun kitabisa.com yang merupakan donasi dari warga Indonesia untuk rakyat Palestina harus segera disalurkan dan pada hari Rabu (19/5) kami menyalurkannya melalui Red Cresent atau Bulan Sabit Merah Palestina," kata Ketua Umum PMI Jusuf Kalla melalui siaran persnya, Rabu.

Menurutnya, bantuan dana dari urun dana publik tersebut rencananya digunakan untuk membantu warga Palestina sesuai dengan kebutuhannya. Berdasarkan laporan Bulan Sabit Merah Palestina, kebutuhan mendesak saat ini adalah perbaikan atau peningkatan fasilitas kesehatan serta pemenuhan kebutuhan pangan warga.

Baca juga: Jusuf Kalla hadiri gerakan donor darah di Jakarta Utara

Menurut dia, PMI selalu menyatakan solidaritas internasionalnya kepada korban konflik sebagai bagian dari gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Selain itu, PMI akan menyalurkan bantuan dana dan logistik yang bekerja sama dengan Komite Palang Merah Internasional dan negara yang berkonflik.

"PMI yang merupakan bagian dari gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional akan mengerahkan upaya untuk  membantu warga terdampak konflik di luar negeri seperti di Palestina. Tentunya, bantuan ini atas kerja sama dengan pemerintah dan palang merah setempat," tambahnya.

JK panggilan akrab Jusuf Kalla mengapresiasn para dermawan dan kitabisa.com atas kepeduliannya terhadap rakyat Palestina yang menjadi korban konflik dengan menghimpun dana kemanusiaan.

Baca juga: PMI dorong kehadiran kantor cabang di daerah pemekaran

Selain itu, PMI sebagai organisasi kemanusiaan terbesar di Indonesia diberi kepercayaan untuk menyalurkan bantuan donasi tersebut tentunya akan menjalankannya dengan sepenuh hati.

Ia "mengacungkan jempol" kepada generasi penerus bangsa Indonesia yang memiliki pengaruh baik, melalui kitabisa.com para influencers berhasil mengajak donatur untuk menunjukkan solidaritasnya kepada sesama manusia di mana pun berada.

PMI tidak hanya berperan dalam penanggulangan bencana, tapi juga berperan aktif dalam penanggulangan korban konflik atau perang. Tentunya setiap kepercayaan yang diberikan publik tersebut akan terus dijaga.

Baca juga: JK soroti sistem siaga bencana saat peringati 10 tahun gempa Jepang

Seperti diketahui, ribuan warga sipil di Jalur Gaza Palestina ikut terdampak akibat konflik antara militan Palestina dan aparat militer Israel. Dilaporkan sedikitnya 212 warga Palestina dan 10 warga Israel meninggal dunia akibat konflik tersebut. Bahkan akibat konflik ini mayoritas korbannya adalah warga sipil yakni perempuan dan anak-anak. 
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tanpa sokongan APBD, PMI Jember terus bergerak

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar