USK sediakan kuota 30 persen melalui jalur mandiri

USK sediakan kuota 30 persen melalui jalur mandiri

Rektor USK Prof Samsul Rizal. ANTARA/M Ifdhal.

Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Syiah Kuala (USK) Aceh menyediakan kuota sebanyak 30 persen dari total penerimaan mahasiswa melalui jalur mandiri pada tahun 2021.

“USK menyediakan kuota 30 persen atau sekitar 2.300 lulusan SMA/sederajat untuk seluruh program studi yang ada di perguruan tinggi negeri ini," kata Rektor USK Prof Samsul Rizal di Banda Aceh, Rabu.

Samsul Rizal yang juga Ketua Panitia SMM PTN-Barat menjelaskan, jumlah program studi dari seluruh Perguruan Tinggi yang melaksanakan SMM PTN-Barat kali ini berjumlah 338 prodi saintek dan 237 prodi soshum.

Ia mengatakan, SMM PTN-BARAT 2021 pada dasarnya merupakan jalur seleksi mandiri oleh setiap perguruan tinggi yang teknis pelaksanaannya dilakukan secara bersama-sama. Metode ujian SMM PTN tahun ini juga sudah mengikuti model UTBK-SBMPTN yaitu CAT (Computer Assisted Test).

"Metode yang digunakan tersebut berbeda dari tahun sebelumnya yang masih menggunakan Paper Based-Test," katanya.

Menurut dia peserta dapat memilih maksimal 2 prodi baik pada 1 PTN atau 2 PTN berbeda. Selain itu, peserta juga dapat memilih lokasi ujian pada seluruh PTN peserta SMM PTN-Barat.

“Artinya, peserta tidak harus mendaftar atau mengikuti ujian pada PTN pilihannya. Misalnya untuk peserta dari Aceh dapat memilih lokasi ujian di PTN yang ada di Aceh,” katanya.

Baca juga: BPPT dukung Universitas Syiah Kuala perkuat transformasi digital
Baca juga: Universitas Syiah Kuala Banda Aceh mulai terapkan kuliah tatap muka


Ia menyebutkan, setidaknya ada 17 perguruan tinggi wilayah barat yang akan melaksanakan secara bersama proses seleksi masuk perguruan tinggi ini masing-masing Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Bengkulu (Unib), Universitas Jambi (UNJA), Universitas Lampung (Unila, Institut Seni Indonesi (ISI) Padangpanjang.

Kemudian Universitas Palangkaraya (UPR), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Teuku Umar (UTU), Institut Teknologi Sumatera Utara (ITERA), Universitas Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, Universitas Samudra (Unsam), Universitas Riau (UNRI), Universitas Siliwangi (Unsil), dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta).

Pelaksanaan UTBK SMMPTN Barat dilaksanakan pada tanggal 28 Juni - 7 Juli 2021 dan pengumuman hasilnya pada 14 Juli 2021 pukul 16.00 WIB.

Rektor juga mengingatkan kepada para peserta untuk memanfaatkan dengan baik jalur masuk perguruan tinggi yang terakhir tersebut dan untuk informasi lebih lanjut terkait proses seleksi masuk perguruan tinggi, peserta dapat melihatnya di website resmi SMM PTN Barat 2021 dan apabila ada kendala selama proses pendaftaran dapat menghubungi Humas USK pada nomor 08116752000.

Baca juga: Universitas Syiah Kuala Aceh lahirkan 26 insinyur profesional perdana
Baca juga: Menkop Teten ajak Unsyiah Aceh kembangkan koperasi dan UMKM nilam

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden tekankan keterampilan mahasiswa harus relevan sesuai zaman

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar