Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menggalang donasi bantuan kemanusiaan untuk Palestina sebagai bentuk kepedulian atas kondisi terkini di negara tersebut.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex di Sekayu,, Rabu mengatakan, bantuan ini akan dikumpulkan dari kalangan ASN di Pemkab Muba hingga masyarakat setempat.

“Bagi Muba, Palestina ini demikian berarti. Sebelumnya kami (masyarakat Muba) sudah menyumbangkan Rp1 miliar pada 2019,” kata Dodi.

Baca juga: KKIP luncurkan Gerakan Kemanusiaan untuk Perdamaian Palestina

Dodi menceritakan, bantuan senilai Rp1 miliar itu dikumpulkan setelah Wali Kota Al-Zawaida, Gaza, Palestina, Ayman Sulaiman Salam Abu Sweireh dan ulama asal Palestina Syeikh Nashef Nashir Abdullah bertandang ke Bumi Serasan Sekate pada 2019.

Kunjungan dari pejabat dan ulama asal Palestina itu mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat Muba.

“Waktu itu seakan-akan warga Muba tergerak untuk membantu sehingga terkumpul uang senilai Rp1 miliar,” kata Dodi.

Ia mengatakan kondisi di Palestina saat ini demikian memprihatinkan akibat penyerangan yang dilakukan penjajah Israel.

Dodi pun mengajak warganya untuk mengutuk perbuatan Israel tersebut dan terus mendoakan warga Palestina agar bisa menghadapi keadaan tersebut.

“Sebenarnya pada 2019 saya ingin mengantarkan sendiri bantuan ke Palestina, namun kondisi keamanan saat itu juga tidak memungkinkan,” kata dia.

Ia menjelaskan, bantuan dari masyarakat Muba itu telah digunakan untuk pembuatan jalan di jalur Gaza, yang mana jalan tersebut diberi nama Musi Banyuasin.

Baca juga: Siti KDI dan Tere serukan dukungan untuk perjuangan rakyat Palestina
Baca juga: PMI salurkan donasi Rp1 miliar untuk rakyat Palestina
Baca juga: Wali Kota Depok donasikan Rp200 juta untuk Palestina

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021