Piala Italia

Juventus juarai Coppa Italia seusai tundukkan Atalanta

Juventus juarai Coppa Italia seusai tundukkan Atalanta

Kiper gaek Juventus Gianluigi Buffon melakukan selebrasi setelah rekannya, Federico Chiesa, mencetak gol ke gawang Atalanta dalam final Coppa Italia di Stadion Mapei, Reggio Emilia, Italia, Rabu (19/5/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Alberto Lingria)

Jakarta (ANTARA) - Juventus menjuarai Coppa Italia 2020/21 seusai menundukkan Atalanta dengan skor 2-1 dalam partai final di Stadion Mapei, Reggio Emilia, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Dejan Kulusevski dan Federico Chiesa menjadi pencetak gol-gol kemenangan Juve yang hanya mampu dibalas sekali oleh Atalanta melalui Ruslan Malinovkyi, demikian catatan laman resmi FIGC.

Gelar kali ini membuat Juve semakin memantapkan diri sebagai tim tersukses di Coppa Italia dengan catatan 14 kali jadi juara.

Atalanta sebetulnya tampil relatif bagus kala mengawali bola, tetapi dari dua peluang Duvan Zapata, satu bisa dihalau kiper Gianluigi Buffon dan yang lainnya melenceng tipis dari sasaran.

Juve perlahan mulai bisa membangun serangan yang berbahaya hingga akhirnya mampu memimpin pada menit ke-31 saat Kulusevski menjebol gawang Atalanta.

Baca juga: Bonucci absen bela Juventus pada laga final Coppa Italia

Berawal dari situasi serangan balik yang nyaris patah, bola liar jatuh ke hadapan Weston McKennie dan dengan cermat dikirimkan jadi umpan ke sisi kanan kotak penalti Atalanta di mana Kulusevski menyelesaikannya dengan sepakan kaki kiri akurat menaklukkan kiper Pierluigi Gollini.

Sayangnya keunggulan itu musnah empat menit jelang turun minum ketika La Dea menyamakan kedudukan lewat tembakan Malinovskyi dari tepian kotak penalti yang membuat kedudukan imbang 1-1.

Kedua tim tetap tampil agresif memasuki babak kedua, sayang sundulan McKennie dan sepakan Cristian Romero untuk Atalanta bisa diblok oleh Matthijs de Ligt.

Juve lantas menciptakan dua peluang bagus dari Chiesa, sayang yang satu bisa diamankan Gollini dan yang lainnya membentur tiang gawang.

Kegagalan-kegagalan itu tak membuat Chiesa patah arang, sebab pada menit ke-73 ia melakukan kerja sama umpan satu dua bersama Kulusevski sebelum menyelesaikannya dengan sepakan akurat ke pojok tiang jauh demi merestorasi keunggulan Juve.

Baca juga: Wacana perubahan Coppa Italia dianggap langkah elitis
Baca juga: Final Coppa Italia akan dihadiri penonton langsung


Atalanta berusaha keras untuk membalas tetapi tembakan Luis Muriel dari situasi bola liar masih melambung di atas sasaran lima menit kemudian.

Rasa frustrasi tampaknya mulai mendera para pemain Atalanta ketika Juve dihadiahi tendangan bebas atas pelanggaran remeh temeh di udara antara Josip Ilicic dengan Danilo.

Protes keras dilancarkan para pemain Atalanta termasuk Rafael Toloi yang ada di bangku cadangan dan wasit Davide Massa meresponnya dengan memberi kartu merah kepada Toloi pada menit ke-88.

Juve mampu mengawal keunggulan mereka demi menjuarai Coppa Italia sembari menyuntikkan kepercayaan diri bagi tim besutan Andrea Pirlo itu dalam memburu empat besar klasemen Liga Italia.

Baca juga: Buffon pisah dengan Nyonya Tua, tapi belum bulat putuskan pensiun
Baca juga: Isunya Allegri ke Madrid, Zidane ke Juventus
Baca juga: Cuadrado pimpin Juve menangi Derby d'Italia dan tembus empat besar

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar