Menumbuhkan kembali semangat persatuan dan kesatuan dalam melawan COVID-19
Jakarta (ANTARA) -
Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI menyoroti dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi COVID-19 dalam peringatan HUT Ke-56 Lemhannas.
 
"Kasus positif COVID-19 masih memperlihatkan angka yang sangat tinggi, yakni yang terkonfirmasi sampai dengan bulan Mei 2021 yang lalu telah mencapai lebih dari 1.740.000 kasus, kondisi demikian membuat pemerintah tetap memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bahkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di beberapa provinsi," kata Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo dalam sambutannya pada upacara Peringatan HUT Ke-56 Lemhannas, di Kantor Lemhannas, Jakarta, Kamis.
 
Menurut Agus, pandemi COVID-19 memberikan dampak terhadap aspek sosial dan ekonomi di Tanah Air.
 
Karena itu, perlunya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam menghadapi dampak akibat pandemi COVID-19.
 
"Dengan berlandaskan semangat Kebangkitan Nasional, Lemhannas RI melalui peran dan fungsinya, ingin menumbuhkan kembali semangat persatuan dan kesatuan dalam melawan COVID-19," kata Agus dalam siaran persnya.
 
Lemhannas juga menyoroti bencana alam seperti dampak Siklon Tropis Seroja di Provinsi Nusa Tenggara Timur serta gangguan keamanan seperti serangan teroris yang masih terjadi di beberapa tempat.
 
Menurut Agus, adanya semangat dan keinginan kuat yang datang dari masyarakat untuk memiliki kehidupan nasional yang aman dan sejahtera berdasarkan empat Konsensus Dasar Bangsa.
 
"Kepercayaan dari masyarakat pulalah yang menjadi modal semangat dan kekuatan Lemhannas RI untuk terus memberikan karya bakti terbaiknya bagi bangsa dan negara," ujar Agus.
 
Dia berharap apa yang dilakukan oleh pemerintah dan didukung segenap komponen bangsa dapat segera membuahkan hasil, sehingga kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dapat berjalan kembali secara normal dan dapat fokus kembali untuk melanjutkan pembangunan guna mewujudkan kesejahteraan dan keamanan nasional.
 
Peringatan HUT Ke-56 Lemhannas RI pada 20 Mei 2021 yang juga bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional mengangkat tema "Dengan Semangat Kebangkitan Nasional, Kita Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan dalam Pemulihan Kesehatan Masyarakat dan Ekonomi Nasional".
 
Peringatan HUT Ke-56 Lemhannas RI tersebut juga diikuti secara daring oleh seluruh anggota Lemhannas RI, peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 62 dan Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) 23.
 
Selain itu, rangkaian kegiatan terkait adalah ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, jam pimpinan, berbagai lomba seperti vlog ketahanan nasional dan paduan suara, lomba administrasi dan reformasi birokasi, gelar output unit kerja, syukuran, serta Peresmian Monumen Bung Karno di halaman depan Lemhannas RI.
Baca juga: Lemhannas minta masyarakat tumbuhkan semangat persatuan lawan corona
Baca juga: Olahraga bersama warnai HUT ke-54 Lemhannas

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021