Bandung (ANTARA News) - Rawannya jalur rel kereta api dari ganguan kemanan baik ganguan kamtibmas, ataupun gangguan kemanan di jalur rel kereta api, diantisipasi oleh Polda Jabar dengan melakukan sejumlah persiapan membantu pengamanan di jalur kereta api.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Jabar Irjen Pol Sutarman usai pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI ke 65 di lapangan Gasibu, Kapolda mengatakan bahwa dalam pengamanan jalur rel kereta api sudah dilakukan kordinasi dengan PT Kereta Api.

Kapolda menambahkan bahwa untuk pengamanan diatas kereta api dan jalurnya, pihaknya melakukan pelatihan khusus bersama jajaran Polsuska dan Brimob secara rutin.

"Khusus untuk jalur mudik tahun ini, kita sudah antisipasi jauh-jauh hari, untuk pengecekan jalur rel kereta di Jawa Barat sendiri sudah steril, namun tetap kita kontrol, sedangkan untuk antisipasi gangguan keamanan di atas kereta kita sudah kerahkan anggota Polsuska, Brimob dan petugas PT KA," papar Kapolda.

Untuk pengamanan arus mudik dan balik lebaran tahun 2010 ini, Polda Jabar menyiagakan sekitar 2/3 kekuatan pasukan yakni sekitar 21.000 personel, dibantu oleh unsur TNI, dan Dishub.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010