Peralatan-personel tangani karhutla Riau sudah siap, sebut Wakapolri

Peralatan-personel tangani karhutla Riau sudah siap, sebut Wakapolri

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono memberikan pernyataan saat pengecekan kesiapan peralatan dan personil mengantisipasi karhutla Riau, di Mapolda Riau, Pekanbaru, Kamis (20/5/2021). (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemrov Riau).

Sesuai info BMKG diperkirakan pada Agustus 2021 Riau akan memasuki mulai musim kemarau sehingga perlu kewaspadaan kita semua supaya karhutla tidak terjadi di Provinsi Riau
Pekanbaru (ANTARA) - Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Gatot Eddy Pramono mengatakan berbagai peralatan dan personel di Riau untuk menghadapi potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di provinsi itu sudah siap.

"Kita sudah melihat tadi peralatannya sudah siap dan anggotanya pun sudah siap, semuanya itu dibutuhkan karena sebentar lagi Riau akan memasuki musim kemarau," kata Wakapolri di Pekanbaru, Kamis.

Penilaian tersebut disampaikannya terkait kunjungan kerja ke Polda Riau saat melakukan pengecekan perlengkapan karhutla di Halaman Mapolda Riau, yang juga disaksikan Gubernur Riau, Syamsuar.

Wakapolri mengatakan ia ke Riau untuk melihat langsung bagaimana kesiapan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dengan seluruh jajarannya, yakni Polri, TNI, BPBD, maupun tokoh masyarakat dalam menghadapi karhutla.

"Sesuai info BMKG diperkirakan pada Agustus 2021 Riau akan memasuki mulai musim kemarau sehingga perlu kewaspadaan kita semua supaya karhutla tidak terjadi di Provinsi Riau," katanya.

Sementara itu, saat melakukan pengecekan peralatan karhutla tersebut, Wakapolri melihat banyak inovasi-inovasi yang telah dilakukan Pemprov Riau dan seluruh jajaran baik dari alat untuk mematikan api dan pemantau dan sebagainya.

"Kemudian juga Kapolda Riau dan Gubernur Riau juga akan membuat 'satu mata asap' dengan tujuan kalau ada titik api langsung diantisipasi," katanya.

Ia berharap langkah awal dalam upaya mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan dapat bisa berjalan sebaik mungkin dengan harapan tidak terjadi karhutla di masa mendatang di Provinsi Riau.

Saat pengecekan Wakapolri  Gatot Eddy Pramono didampingi Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI M. Syech Ismed, serta pimpinan DPRD Provinsi Riau.

Baca juga: Kepala BNPB: Patroli karhutla Riau jangan kendor saat Lebaran

Baca juga: BPBD Riau: Titik api karhutla di Riau turun

Baca juga: Satgas Riau fokus padamkan karhutla di Bengkalis dan Pelalawan


Baca juga: Tanggulangi karhutla, Riau dapat bantuan tiga heli dan dua pesawat
 

Pewarta: Frislidia
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Riau siapkan 30.000 hektare lahan untuk food estate

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar