Jakarta (ANTARA News) - Peluang Indonesia menambah perolehan medali pada Olimpiade Remaja I atau Olympic Youth Games di Singapura tipis setelah satu-satunya harapan Indoneia di cabang bulutangkis, Evert Sukamta, gagal melangkah ke semifinal.

Informasi dari Humas KONI Pusat, Selasa, menyebutkan Evert Sukamta dikalahkan pebulutangkis Korsel, Kang Ji Wook, 21-11, 14-21, 21-13. Dengan kekalahan tersebut, Indonesia kini tinggal menyisakan atlet pada cabang panahan, taekwondo, dan balap sepeda.

Indonesia meraih medali perunggu melalui lifter Dewi Safitri yang turun di kelas 53 kilogram putri cabang angkat besi. Dewi merebut perunggu dengan total angkatan 171 kilogram.

Pada angkatan pertama jenis angkatan snatch, Dewi gagal mengangkat barbel seberat 70 kilogram, tapi pada angkatan kedua ia mampu mengangkat barbel seberat 71 kilogram. Pada angkatan ketiga Dewi kembali gagal.

Untuk jenis angkatan "clean and jerk", Dewi gagal di angkatan ketiga ketika mencoba mengangkat barbel 103 kilogram. Sedangkan di angkatan pertama dan kedua ia berhasil di angkatan 95 dan 100 kilogram. Dengan hasil ini Dewi harus puas dengan medali perunggu.

Medali emas di kelas ini direbut lifter remaja putri Boyanka Kostova dengan total angkatan 192 kilogram. Perak oleh Hsing Chun Kuo dari Cina Taipei dengan 174 kilogram.

Pada bagian putra Lifter Zainudin yang turun di kelas 62 kilogram harus puas di posisi kelima dengan total angkatan 239 kilogram.

Medali emas direbut Lifter Korea Utara Kim Song Choi dengan total angkatan 257 kilogram. Medali perak menjadi milik Jose Mena dari Kolombia dengan angkatan 247 kilogram dan posisi ketiga oleh lifter Turki Emre Buyunkulu dengan angkatan 246 kilogram.

Manajer Angkat Besi tim Indonesia, Sodikin, ketika dihubungi menyatakan persaingan di cabang angkat besi terlihat begitu ketat.

Menurut dia para peraih medali itu ialah lifter-lifter terbaik di tingkat junior. "Satu medali perunggu dari cabang angkat besi ini cukup membanggakan mengingat persaingan di cabang ini sangat ketat dan lifter yang tampil adalah yang terbaik di tingkat junior," Kata Sodikin.

Pada cabang balap sepeda nomor cross country final, yang dilangsungkan di Tampines Bike Park, pembalap putri Elga Kharisma Novanda menempati posisi 13 dengan catatan waktu 55 menit 25 detik, dengan jarak tempuh 15,5 kilometer.

Medali emas direbut pembalap putri Republik Ceko Karolina Kalasova dengan catataan waktu 46 menit koma 58 detik, sementara perak oleh Linda Indergand, dan perunggu oleh Kristina Laforge dari kanada. Sedangkan pembalap putra di nomor yang sama Destian Satria hanya menempati posisi ke-28.(*)
(ANT-133/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010