Hari ini, pasar mengambil hati itu dan membatalkan pergerakan yang kita lihat kemarin
New York (ANTARA) - Dolar turun pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), melayang di dekat level terendah multi-bulan ketika sentimen risiko menarik investor menjauh dari mata uang safe-haven, membalikkan kenaikan sehari sebelumnya didorong rilis risalah Federal Reserve AS yang membuka ruang untuk pembahasan tapering (pengurangan pembelian obligasi).

Risalah dari pertemuan kebijakan moneter Federal Reserve AS baru-baru ini, menyatakan bahwa beberapa pembuat kebijakan mengatakan diskusi tentang pengurangan pembelian obligasi pemerintah akan tepat "di beberapa titik" jika pemulihan ekonomi terus meningkat.

Itu memberi dorongan pada greenback, yang telah merosot dalam beberapa pekan terakhir karena kepastian Fed yang berulang bahwa terlalu dini untuk memperketat kebijakan akomodatifnya dan bahwa lonjakan harga-harga saat ini tidak menandakan inflasi jangka panjang.

"Sebagian besar pergerakan yang kami lihat selama 24 jam terakhir terjadi pada risalah Fed," kata Ronald Simpson, direktur pelaksana analisis mata uang global di Action Economics di Tampa, Florida. "Pasar benar-benar bereaksi berlebihan terhadap mereka dan imbal hasil obligasi pemerintah lebih tinggi."

"Setelah beberapa pemikiran, pasar telah menyadari bahwa Fed akan membutuhkan data yang lebih baik selama berbulan-bulan sebelum mulai membahas tapering," tambah Simpson. "Hari ini, pasar mengambil hati itu dan membatalkan pergerakan yang kita lihat kemarin."

Reli di Wall Street dan rebound mata uang kripto mengisyaratkan sentimen risiko yang luas, bersama dengan melemahnya imbal hasil obligasi pemerintah, membantu dolar menghapus kenaikan sehari sebelumnya.

Indeks dolar yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mata uang saingannya terakhir turun 0,46 persen menjadi 89,792.

Pelemahan itu membantu meningkatkan dolar Australia yang juga mendapat dorongan dari data ketenagakerjaan April yang kuat. Dolar Australia menguat 0,56 persen menjadi 77,71 sen.

Euro naik 0,37 persen menjadi 1,2219 dolar AS, dan dolar AS turun 0,38 persen menjadi 108,80 yen Jepang.

Ekonomi Kanada yang kuat dan kenaikan harga komoditas telah mendorong dolar Kanada ke level terkuatnya terhadap dolar sejak 2015. Dolar terakhir turun 0,60 persen terhadap loonie, pada 1,2059 dolar Kanada.

Pergerakan rollercoaster mata uang kripto sedang naik setelah aksi jual tajam menyusul langkah regulasi China terhadap aset-aset digital.

Sementara aksi jual berbalik arah dengan bantuan pemburu harga murah, kripto terakhir berada di posisi tertinggi sesi mereka.

Bitcoin terakhir naik 8,9 persen menjadi 40.050 dolar AS setelah jatuh hingga 54 persen di bawah rekor tertingginya, yang dicapai lebih dari sebulan yang lalu, setelah beberapa pendukung utamanya menegaskan kembali dukungan mereka untuk mata uang digital.

Saingan yang lebih kecil Ether naik 15,32 menjadi 2.811. Pada Rabu (19/5), Ether jatuh 22,8 persen, penurunan harian terbesar sejak Maret 2020.

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021