Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) komitmen meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui program tahunan Bahasa Inggris atau Indonesian Transportation English Olympics (ITEO) sehingga mampu bersaing di kancah internasional.

"Kompetisi ITEO tahun ini telah dilakukan tahap penyisihan secara virtual, yang diikuti oleh 23 perguruan tinggi di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan (BSDMP)," jelas Ketua Pelaksana ITEO Tahun 2021 Amiruddin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Berbeda dengan perhelatan tahun-tahun sebelumnya, ITEO 2021 ini dilakukan secara kombinasi luring dan daring.

Baca juga: Kemenhub susun peta jalan dukung percepatan kendaraan berbasis baterai

Selain itu  pada ITEO 2021 ini delapan kategori lomba yaitu Lomba Debat (English Debate), Lomba Pidato, Lomba Bercerita (Story Telling); Lomba Menulis Cerita (Story Writing); Lomba Menyiarkan Berita (News Casting); Lomba Karya Ilmiah (Scientific Paper); Lomba Presentasi Berbahasa Inggris (English Presentation); dan Lomba Promosi Bisnis (Business Pitching).

Selain ditujukan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris  taruna/i Kemenhub, melalui ITEO juga diharapkan mempererat persaudaraan dan kekompakan antar taruna transportasi yang sekolahnya terbentang dari Aceh sampai ke Jayapura.

"Babak penyisihan dilakukan secara virtual di semua kategori, yang berlangsung pada 9-11 April 2021. Sebanyak 79 taruna dari 17 sekolah dan akademi mengikuti babak semifinal dan grand final pada Kamis (20/5). Sedangkan ada satu kategori yang grand final English Debate dilakukan pada Jumat (21/5) sekaligus penutupan," katanya.

Amiruddin juga menjelaskan para pemenangnya adalah katagori Scientific Paper adalah juara 1. PIP Semarang, Juara 2. PKTJ Tegal dan Juara 3. Poltekbang Surabaya. Untuk kategori Story Writing Juara 1. STIP Jakarta, Juara 2. PIP Semarang dan Juara 3. Politekpel Barombong. Pada kategori Speech Juara 1. PPI Madiun, Juara 2. API Banyuwangi dan Juara 3. Poltekbang Medan. Sedangkan kategori English Presentasion yaitu Juara 1. STIP Jakarta, Juara 2. PIP Madiun dan Juara 3. PIP Makassar.

Baca juga: Kemenhub: Usai larangan mudik, pergerakan penumpang meningkat

Untuk kategori News Cast diraih oleh Juara 1. STIP Jakarta, Juara 2. PIP Semarang dan Juara 3. PPI Madiun. Pada kategori Business Pitching Juara 1. STIP Jakarta, Juara 2. Poltekbang Surabaya dan Juara 3. PTDI-STTD Bekasi. Untuk kategori Story Telling Juara 1. PPI Curug, Juara 2. PIP Semarang dan Juara 3. Poltrada Bali. Sedangkan untuk English Debate yang masuk ke grand final adalah tim STIP Jakarta dan PTDI-STTD Bekasi.

Kepala Pusat Fasilitasi Kemitraan dan Kelembagaan Internasional (PFKKI) Kemenhub MI Derry Aman selaku Wakil Ketua Pelaksana ITEO 2021 berharap  para peserta juga menikmati dan memanfaatkan ITEO 2021 untuk menjalin persaudaraan dan membangun jaringan kerja.

“Saya melihat para generasi muda taruna/i dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berkomunikasi dan berpikir kritis," jelas Derry.

Baca juga: Kemenhub: Penggunaan semua moda transportasi turun saat larangan mudik

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021