Hong Kong (ANTARA) - Saham Hong Kong berakhir menguat pada hari Jumat karena saham-saham barang konsumen non-primer dan perawatan kesehatan membantu mengimbangi tekanan jual pada perusahaan komunikasi, setelah hasil yang lesu menyeret saham Tencent.

Saham Tencent turun 3,37 persen, memimpin kerugian pada indeks acuan, dengan Nomura memangkas target harga saham raksasa game dan media sosial China itu setelah pendapatan inti kuartal pertama sedikit meleset dari ekspektasi pialang.

Pada penutupan perdagangan, Indeks Hang Seng naik 8,15 poin atau 0,03 persen menjadi 28.458,44. Indeks naik 1,5 persen untuk minggu ini.

Indeks Hang Seng China Enterprises naik 0,56 persen menjadi 10.702,57. Indeks naik 2,9 persen untuk minggu ini.

Baca juga: Saham Hong Kong turun karena sumber daya merosot atas tindakan Beijing

Memimpin kenaikan, indeks perawatan kesehatan Hang Seng naik 2,2 persen sementara saham produk konsumen non-primer naik 1,4 persen.

Eimiten dengan kinerja terbaik di Hang Seng adalah Shenzhou International Group Holdings Ltd yang melonjak 4,46 persen.

Saham terkait kripto di Hong Kong merosot setelah Kepala Federal Reserve (Fed) AS Jerome Powell mengatakan uang kripto menimbulkan risiko terhadap stabilitas keuangan dan mengindikasikan bahwa regulasi yang lebih besar mungkin diperlukan.

Tetapi setelah pengumuman peraturan larangan yang lebih keras oleh Beijing pada layanan terkait kripto oleh perusahaan keuangan, pelaku pasar di China mengatakan itu adalah bisnis seperti biasa di negara tersebut.

Baca juga: IHSG akhir pekan ditutup merosot, di tengah penguatan bursa saham Asia

Indeks utama bursa China, Komposit Shanghai ditutup turun 0,58 persen pada 3.486,56 poin, sedangkan indeks saham unggulan CSI300 berakhir turun 1,01 persen.

Yuan dikutip pada 6,4355 per dolar AS pada 08:08 GMT, hampir tidak berubah dibandingkan dengan penutupan sebelumnya pada 6,4355.

Saham-H yang memperoleh keuntungan tertinggi adalah Nongfu Spring, naik 6,43 persen, diikuti oleh Kuaishou Technology, naik 5,73 persen, dan NetEase Inc, naik 4,82 persen.

Tiga penurunan terbesar saham-H adalah Tencent, Longfor Group, yang turun 1,81 persen, dan China Merchants Bank, turun 1,19 persen.

Pada penutupan, saham-A China diperdagangkan dengan premi 37,12 persen dibandingkan saham-H yang terdaftar di Hong Kong.

Baca juga: Saham Eropa naik, menjelang rilis data aktivitas bisnis

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021