Jayapura (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Dance Yulian Flassy mengatakan jenazah Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal direncanakan disemayamkan di Gedung Negara Jayapura.

"Jenazah akan diberangkatkan dari Jakarta ke Jayapura menggunakan maskapai penerbangan Garuda Airlines pada Sabtu (22/5). Rencananya tiba kami belum tahu dan nanti setelah tiba akan disemayamkan di Gedung Negara (GN) Jayapura," katanya di Jayapura, Jumat malam.

Menurut Dance setelah disemayamkan akan dilakukan ritual agama, kemudian pada Minggu (23/5) diberangkatkan ke Timika menggunakan pesawat Hercules TNI yang sudah disepakati dalam rapat forkompimda.

Baca juga: Pemprov benarkan Wagub Papua Klemen Tinal meninggal

"Sedangkan pejabat yang mengantar jenazah ke Timika akan menggunakan pesawat carteran di mana sudah dibangun komunikasi bahwa putusan untuk jenazah ini harus dilepas oleh Pemerintah Provinsi Papua kepada pihak keluarga," ujarnya.

Dia menjelaskan jenazah akan dimakamkan pada Senin (24/5) di pendopo milik almarhum di Timika, Kabupaten Mimika, namun hal ini masih menunggu kepastian dari pihak keluarga.

"Untuk Sabtu (22/5) pagi, upacara penghormatan bagi jenazah Wagub Papua Klemen Tinal akan langsung ditangani oleh Pemprov Papua dan tidak akan melakukan upacara secara militer," katanya lagi.

Baca juga: Wagub Papua dikabarkan meninggal

Dia menambahkan dari hasil rapat bersama forkompimda pihaknya akan menurunkan bendera setengah tiang selama tujuh hari karena almarhum merupakan pejabat negara di mana hal tersebut akan disampaikan kepada masyarakat dan instansi pemerintah melalui surat edaran yang dibuat Pemprov Papua.

"Terkait dengan riwayat kesehatan almarhum Wagub Papua, nanti akan ada keterangan resmi dari piha yang menangani mengenai penyebab meninggalnya, sejak kapan sakit dan lain sebagainya," ujarnya lagi.

Baca juga: Airlangga: Partai Golkar kehilangan putra terbaiknya, Klemen Tinal

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua membenarkan Wakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinal telah meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo Menteng Jakarta pada pukul 04.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Jery Yudianto mengatakan kini jenazah disemayamkan di Rumah Duka Sentosa RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021