Perpustakaan Banyurejo memberikan contoh, teladan dan harapan
Sleman (ANTARA) - Perpustakaan Kelurahan Banyurejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil memperoleh prestasi penilaian akreditasi perpustakaan dengan katagori A atau sangat baik dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional.

"Kami mengapresiasi seluruh perangkat Kelurahan Banyurejo, dalam penyelenggaraan perpustakaan kalurahan dengan segala upayanya mampu menjadikan perpustakaan tempat sumber informasi di bidang sejarah dan budaya di wilayah Banyurejo," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Sleman Sri Wantini di Sleman, Jumat.

Menurut dia, upaya peningkatan minat baca di wilayah Banyurejo, dilakukan dengan menambah pojok baca yang sebelumnya sudah ada, yaitu di lokasi wisata Watu Jagal dan Pasar Jadul Lembah Si Cangkring.

"Dalam memberikan layanan kepada masyarakat Perpustakaan Kelurahan Banyurejo memiliki semboyan atau motto Perpustakaan Sahabat pintar Keluarga. Perpustakaan Banyurejo memberikan contoh, teladan dan harapan membangun kebiasaan membaca dimulai dari keluarga," katanya.

Pejabat Kepala Kelurahan Banyurejo Arif Rahman mengatakan, prestasi yang dicapai Perpustakaan Banyurejo ini berkat dukungan berbagai pihak termasuk masyarakat Banyurejo.

"Terus berkarya di tengah pandemi adalah hal yang tidak mudah, tantangan yang harus dihadapi adalah harus tetap memperhatikan protokol kesehatan, setiap pelaksanaan kegiatan layanan perpustakaan berjalan sesuai protokol kesehatan," katanya.

Baca juga: Perpustakaan Desa Balecatur Sleman masuk enam besar se-Indonesia
Baca juga: Sleman luncurkan "e-book" tingkatkan minat baca


Ia mengatakan, Perpustakaan Banyurejo berproses, berbenah dalam penyelenggaraan layanan perpustakaan dari waktu ke waktu.

"Hal ini karena adanya dukungan dari banyak pihak. Lokasi perpustakaan di lingkungan kelurahan ini berdekatan dengan pusat layanan masyarakat lainnya seperti Puskesmas Tempel 2, Gugus Penanggulangan COVID-19 Banyurejo Tempel dan layanan Samsat Sleman," katanya.

Menurut dia, penyelenggaraan layanan perpustakaan didukung oleh adanya Anggaran Perpustakaan Kelurahan, perhatian Badan Permusyawaratan Desa/ Kalurahan (BPD) dan peran aktif seluruh perangkat kelurahan juga pengelola perpustakaan.

"Prestasi lain Perpustakaan Kelurahan Banyurejo pada tahun 2021 ini mendapatkan peringkat lima besar dalam lomba perpusdes tingkat Provinsi DIY," katanya.

Perpustakaan Kelurahan Banyurejo yang berlokasi di Jalan Kemusuh, Banyurejo, Tempel, Sleman memiliki koleksi 4.213 judul dan 6.477 eksemplar, selain itu masih ada koleksi majalah, surat kabar, e-book, audio visual dan Alat Permainan Edukasi (APE).

Baca juga: PPI bantu pondok baca di Donoharjo Sleman
Baca juga: BI Corner kedua hadir di Pevita Yogyakarta

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021