Laporan dari China

Indonesia tamu kehormatan pameran investasi-perdagangan internasional

Indonesia tamu kehormatan pameran investasi-perdagangan internasional

Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun (lima kiri) bersama pejabat Pemerintah Kota Chongqing dan perwakilan asing secara simbolis membuka Pameran Dagang dan Investasi Internasional Kawasan China Barat (WCIFIT) di Chongqing, Jumat (21/5). ANTARA/M. Irfan Ilmie

Kami menyambut baik kedatangan investor dari Tiongkok, khususnya Chongqing karena Indonesia sekarang sudah banyak berbagai kemudahan berinvestasi,
Chongqing (ANTARA) - Indonesia menjadi peserta kehormatan Pameran Dagang dan Investasi Internasional di Chongqing, China, pada 20-23 Mei 2021.

Dengan menjadi tamu kehormatan pada pameran tersebut, Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menggelar Forum Bisnis Indonesia-China di kota setingkat provinsi di wilayah barat daratan Tiongkok itu.

Bahkan saat acara pembukaan pameran pada Jumat, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI Bahlil Lahadalia mendapatkan kesempatan memberikan sambutan secara virtual.

"Kami menyambut baik kedatangan investor dari Tiongkok, khususnya Chongqing karena Indonesia sekarang sudah banyak berbagai kemudahan berinvestasi," ujarnya.

Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun turut pula mendapatkan kesempatan membuka pameran secara simbolis dengan memberikan sentuhan pada layar monitor berukuran besar bersama pejabat setempat dan perwakilan negara asing lainnya.

"Atas nama pemerintah Indonesia, ini suatu kebanggaan bagi kami dan keistimewaan karena keikutsertaan Indonesia pada pameran ini sebagai tamu (peserta) kehormatan," kata ujarnya.

Sebagai peserta kehormatan, pihak penyelenggara memberikan tempat pameran yang lebih luas dibandingkan dengan peserta lain.

Fasilitas tersebut dimanfaatkan untuk mendirikan Anjungan Nusantara yang digunakan untuk memajang produk-produk Indonesia.

Kota Chongqing yang merupakan pemekaran dari Provinsi Sichuan itu mengalami pertumbuhan perekonomian yang sangat pesat.

Kota itu merupakan salah satu jalur vital dalam lalu lintas perdagangan dari Asia Tenggara menuju Eropa.

Sejak tahun 2017, Kota Chongqing dan Provinsi Jawa Barat menjalin kerja sama daerah kembar.

Chongqing Xiaokang Sokon Industry Group Ltd sebagai produsen kendaraan roda empat merek DFSK merupakan industri otomotif asal Chongqing yang membangun dua pabrik dan 100 diler mobil di Indonesia.


Baca juga: Indonesia raup Rp405 juta dari pameran makanan-minuman di China

Baca juga: Ningbo tawarkan ruang promosi kepada Indonesia

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar