Jakarta (ANTARA) - Aprilia dan Andrea Dovizioso akan kembali menguji motor RS-GP dalam tes privat selanjutnya yang dijadwalkan digelar di Misano pada Juni.

Mengambil 'cuti' dari MotoGP setelah berpisah dengan Ducati akhir musim lalu, Dovi terlibat membantu pengembangan motor Aprilia untuk pertama kalinya di Jerez kemudian tes privat di Mugello, meski tes kedua terhalang cuaca buruk.

"Karena saya tidak bisa menguji di Mugello di kondisi kering, saya senang Aprilia meminta saya melanjutkan pekerjaan yang kami mulai di Jerez dan mampu memberi kontribusi untuk pengembangan motor itu," kata Dovizioso seperti dikutip laman resmi Gresini Racing, Jumat.

"Saya rasa ini akan menguntungkan bagi kami berdua, bagi saya, untuk terus berlatih di atas motor MotoGP sebagai antisipasi kemungkinan kembali pada 2022, dan bagi Aprilia menerima apa yang mereka rasa menjadi informasi menarik.

Tes selanjutnya di Misano dijadwalkan pada 23 dan 24 Juni.

Baca juga: Michele Pirro ditugasi gantikan Jorge Martin di GP Italia

Motor Aprilia RS-GP, yang kendarai Aleix Espargaro dan Lorenzo Savadori, tampil lebih kompetitif awal tahun ini ketimbang musim-musim sebelumnya.

Proses pengembangan yang sempat terhenti ketika dimulai pada 2020 karena pembatasan dampak pandemi dilanjutkan tahun ini dibantu oleh Dovizioso.

"Proyek RS-GP kami mengalami revolusi sangat besar tahun lalu dan sekarang kami akhirnya bisa menggenjot pengembangan," ungkap direktur teknis Aprilia Racing Romano Albesiano.

"Awal musim 2021 telah sangat positif dan perbaikan agak nyata telah terlihat. Sekarang, dapat mengatur jadwal kerja dengan Andrea adalah kesempatan besar untuk mempercepat dan mengonsolidasi pertumbuhan ini."

Baca juga: "Ini balapan teraneh dalam hidup saya," kata Quartararo di Le Mans

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021