Los Angeles (ANTARA News/Reuters Life) - Eric Clapton akan mengeluarkan album solo perdana dalam kurun waktu lima tahun pada 28 September, kata perusahaan rekaman berlabel "Reprise" pada Rabu.

"Clapton", album solo studio ke-19 gitaris beraliran musik rock tersebut antara lain menampilkan mantan kekasihnya, Sheryl Crow, dan bekas rekan bermainnya di kelompok band Blind Faith, Steve Winwood.

"Ini adalah koleksi lagu pilihan yang tidak benar-benar ada dalam peta dan saya sangat menyukainya karena jika ini kejutan untuk para penggemar berarti kejutan juga buat saya," ujarnya dalam satu pernyataan.

Tamu-tamu lainnya di kumpulan 14 lagu tersebut termasuk peniup terompet jazz Wynton Toussaint, idola R & B New Orleans Allen Toussaint dan gitaris kelompok musik Allman Brothers yakni Derek Trucks.

Clapton menghasilkan album bersama dengan seorang kolaborator kawakan Doyle Bramhall II.

Clapton dan Crow memiliki hubungan singkat pada akhir tahun 1990-an dan menurut laporan, ia menulis lagu yang berjudul "My favorite Mistake" yang menceritakan tentang dirinya. Mereka sempat bermain musik bersama dalam beberapa tahun.

Album solo yang dirilis sebelumnya "Back Home" berada di urutan ke-13 Billboard 200 dengan 59.000 keping cakram pada September 2005. Hal itu menandai penurunan tajam dibandingkan dengan albumnya pada tahun 2001 "Reptile" yang berada di peringkat 5 dengan 102.000 keping cakram.

Pada tahun 2006, ia bekerja sama dengan J.J Cale untuk "The Road to Escondito" yang berada di urutan ke-24 dengan 43.000 keping cakram.

(KR-MDR/M016/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010