Jakarta (ANTARA) - Bisakah robot memasak paella yang sama enaknya dengan buatan chef Spanyol? Ternyata jawabannya bisa, kata master chef yang sudah mencicipi masakan buatan robot.

Perusahaan Spanyol BR5 telah menciptakan sebuah robot yang bisa memasak salah satu makanan paling ternama di Spanyol. Produk robot ini sudah menarik perhatian hotel-hotel dan resort di luar Spanyol.

"Tentu saja hidangan nasi buatan rumah pada hari Minggu akan selalu terasa berbeda... Kami tidak berniat mencapai itu, tujuan kami adalah berkelana di dunia dan bisa menyantap nasi yang sama yang kami makan di negara kami, di negara yang berbeda," kata pendiri BR5, Enrique Lillo, kepada Reuters.

Beberapa taman bermain dan resort di Jepang sudah punya robot pembuat paella sendiri, imbuh dia. Tapi hasil masakannya juga bisa memuaskan selera orang-orang lokal.
Paella tradisional buatan chef Maria Munoz di sekolah memasak Cocinea di Madrid, Spanyol, 20 Mei 2021 (REUTERS/SUSANA VERA)


"Menurut saya ini adalah alat yang luar biasa, dan 'Ole!' untuk pembuatnya karena saya menyukainya," kata Maria Munox, chef paella dan direktur sekolah gastronomi "Cocinea" yang mencoba paella buatan robot.

Robot ini terdiri dari kompor yang dikontrol secara elektronik dan lengan mekanik yang menaruh bahan-bahan tumisan di atas panci paella, menambahkan nasi dan kemudian mengaduknya dengan sendok berlubang sebelum menuangkan kaldu ikan.

Semua bahan harus dipersiapkan sebelumnya dan diatur untuk satu porsi paella. Setelah semua bahan ada di dalam wajah, robot akan mengaduknya secara konstan sampai matang.

Munoz mengatakan robot ini akan sangat berguna untuk restoran-restoran karena membantu membuat lebih banyak paella dalam satu waktu.


Baca juga: Universal Robots dorong manufaktur Indonesia gunakan cobot

Baca juga: Disney ciptakan robot "Baby Groot"

Baca juga: NASA berhasil produksi oksigen di Mars berkat MOXIE

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021