Liga Jerman

Bremen terdegradasi, Arminia Bielefeld aman, Cologne ikuti playoff

Bremen terdegradasi, Arminia Bielefeld aman, Cologne ikuti playoff

Gelandang serang Werder Bremen Milot Rashica tampak kecewa setelah timnya dipastikan terdegradasi menyusul kekalahan melawan Borussia Moenchengladbach dalam laga pemungkas Liga Jerman 2020/21 di Stadion Weser, Bremen, Jerman, Sabtu (22/5/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Fabian Bimmer)

Jakarta (ANTARA) - Hasil rangkaian laga pekan pemungkas Liga Jerman 2020/21 yang berlangsung serempak pada Sabtu berujung dengan kepastian Werder Bremen terdegradasi secara otomatis, Arminia Bielefeld aman dan FC Cologne harus mengikuti playoff promosi-degradasi.

Kedatangan pelatih legendari Thomas Schaaf yang mendampingi Bremen di laga pemungkas gagal menyelamatkan tim itu yang harus menelan kekalahan 2-4 dari Borussia Moenchengladbach di Stadion Weser.

Tiga menit pertandingan berjalan, gawang Bremen sudah kebobolan ketika tembakan Lars Stindl dari tengah kotak penalti cukup untuk memperdaya kiper Jiri Pavlenka.

Upaya Bremen untuk bangkit tak membuahkan hasil hingga turun minum dan separuh waktu awal babak kedua Gladbach yang tengah berjuang mengejar tiket kompetisi Eropa malah semakin trengginas.

Marcus Thuram lebih dulu menggandakan keunggulan Gladbach pada menit ke-52 sebelum Ramy Bensebaini mencetak gol ketiga tim tamu enam menit berselang.

Florian Neuhaus semakin menegaskan keunggulan Gladbach lewat golnya pada menit ke-67 dan perjuangan Bremen untuk membalas hanya menghasilkan dua gol melalui Milot Rashica dan Niclas Fuellkrug.

Baca juga: Skenario tiket Eropa dan degradasi Liga Jerman

Kekalahan Bremen dibarengi kemenangan penting yang dipetik Cologne dengan skor 1-0 atas Schalke 04 di Stadion RheinEnergie.

Setelah sempat mendapati gol Sebastian Andersson dianulir karena VAR, Cologne akhirnya membuka keunggulan melalui tandukan Sebastian Bornauw pada menit ke-86 dan mampu menjaganya hingga peluit bubaran.

Sementara itu tim lain yang terlibat dalam persaingan menghindari degradasi, Arminia, mampu memetik kemenangan 2-0 atas VfB Stuttgart saat menutup musim dengan laga tandang di Mercedes-Benz Arena.

Penalti Fabian Klos pada menit ke-66 disusul gol Ritsu Doan enam menit berselang menyokong kemenangan Arminia.

Baca juga: Arminia, Bremen dan Cologne masih terancam degradasi seusai kalah

Hasil-hasil tersebut membuat Arminia sepenuhnya aman dari ancaman degradasi setelah finis di urutan ke-15 dengan 35 poin.

Cologne menyusul lolos dari ancaman degradasi otomatis setelah finis di urutan ke-16 dengan 33 poin, tetapi mereka masih harus mengikuti fase playoff promosi-degradasi jika ingin tetap tampil di kasta tertinggi musim depan.

Sedangkan Bremen yang finis di urutan ke-17 dengan 31 poin, harus terdegradasi untuk kedua kalinya sepanjang era Bundesliga setelah sempat mengalami nasib serupa pada 1980, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Baca juga: Bayern tutup musim cukur Augsburg, Lewandowski patahkan rekor top skor
Baca juga: Union rebut tiket Eropa terakhir seusai menang dramatis atas Leipzig

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar