Balikpapan (ANTARA News) - Pemkot Balikpapan tengah berupaya melobi Pemerintah Kerajaan Arab Saudi agar mau membantu pembangunan proyek Balikpapan Islamic Center (BIC) senilai Rp532 miliar.

"Saat ini kami sudah membentuk kepanitiaan khusus guna lobi ke Pemerintah Saudi. Di antaranya tentu saja ada anggota yang fasih berbahasa Arab dan punya kontak ke kedutaan Saudi di Jakarta," kata Suryanto, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Balikpapan di kantornya Jumat (20/8)

Tahun 2011 ini Pemkot mengusulkan penambahan anggaran sebesar Rp50 miliar untuk penambahan dana pembangunan Islamic Center Balikpapan tersebut.

Pada tahun 2006 sudah dianggarkan Rp11 miliar. Sebelumnya, tahun 2005, digelontorkan dana Rp11,3 miliar. Sekarang sudah dianggarkan Rp15 miliar dari APBD Balikpapan untuk pembangunan sarana-sarana pelengkap, diantaranya pagar dan kantor sekretariat badan pengelola.

"Untuk dana pembangunan gedung utamanya akan kita gali dari masyarakat dan pihak-pihak lain, diantaranya Pemerintah Arab Saudi. APBD sifatnya hanya pelengkap," kata Suryanto.

Pemerintah Arab Saudi memang terkenal dengan keroyalannya membantu pembangunan banyak proyek yang bersifat keislaman di seluruh dunia. Tidak hanya pembangunan rumah-rumah ibadah, termasuk juga pengadaan buku-buku dan memberi banyak beasiswa.

Menurut Ketua Bappeda, pembangunan Islamic Center merupakan bagian dari rencana pembangunan jangka panjang (RPJP) yang dibuat pemerintah kota bersama dengan pembangunan kompleks Stadion Persiba, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe C. RSUD Tipe C adalah rumah sakit yang khusus melayani warga miskin.

"Harapan kami, ketiga proyek tersebut bisa menjadi kenang-kenangan masa kepemimpinan Wali Kota Imdaad Hamid," kata Suryanto. Dengan demikian, sebelum masa jabatan Imdaad berakhir, tahun 2010 ini pembangunan proyek-proyek tersebut sudah berjalan.

Saat ini Islamic Center Balikpapan sudah dikerjakan pembangunannya, stadion baru persiba baru mulai dikerjakan, dan RSUD Tipe C sedang dilelang proyek pembangunan fisiknya.

Balikpapan Islamic Center terletak di Jalan Belibis, Komplek PGRI dan RSS, Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan. Kompleks bangunan itu akan menyebar di lahan seluas 14 hektare ini.

Sesua dengan maketnya, kelak di lokasi tersebut akan ada masjid berlantai tiga dengan luas total 11.040 meter persegi. Masjid dikelilingi menara utama, rumah imam, , gedung serbaguna, perpustakaan restoran, sport club, dan amphiteater.

Pada maket awal malah ada sekolah mulai TK hingga SMA Islam, gedung pelatihan, dan wisma. Bangunan sekolah kemudian dikeluarkan dari maket.

Kemudian, kubah masjid akan meniru kubah Masjid Nabawi di Madinah Al-Munawarah sesuai keinginan Walikota Balikpapan H Imdaad Hamid sendiri. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010