Ternate (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) menyatakan, empat orang pendaki Gunung Gamalama Ternate dilaporkan hilang kontak.

Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah di Ternate, Minggu mengatakan, pihaknya telah memberangkatkan satu tim penyelamat menuju Ke LKP dengan menggunakan Rescue Car untuk melakukan operasi pencarian.

Menurut dia, timnya diterjunkan ke lokasi hilangnya empat pendaki itu pada Minggu, 23 Mei 2021 sekitar pukul 02.10 Wit, setelah menerima laporan dari Samsudin, orang tua salah satu korban.

Menurut Samsudin, keempat orang yang hilang kontak berasal dari Kelurahan Kasturian Ternate itu diantaranya Febriansyah (16 tahun), Amir, Ilham dan Randi.

Kronologi hilangnya keempat orang pendaki itu pada 22 Mei 2021, pukul 07.00 Wit, korban bernama Febriansyah bersama ketiga rekannya mendaki Gunung Gamalama.

Informasi dari pelapor Samsudin terakhir kontak dengan pihak keluarga melalui telepon selulernya pada tanggal 22 Mei 2021, pukul 16.00 Wit dan setelah itu hilang kontak.

Unsur yang terlibat dalam pencarian itu yakni personel Basarnas, Polri dan warga Kelurahan Kasturian.

Baca juga: Basarnas cari tiga mahasiswi UIN Jambi yang hilang di Gunung Masurai

Sebelumnya, Basarnas Ternate bersama tim gabungan berhasil menemukan salah satu pendaki dalam kondisi selamat bernama Agung (19 tahun), warga Kelurahan Sangaji Kota Ternate.

Agung bergerak turun ke kampung setelah melakukan perkemahan di puncak Gamalama, karena kakinya terkilir sehingga tidak dapat melanjutkan perjalanan ke puncak gunung.

Kondisi Agung yang kesulitan berjalan itu disampaikan Basri bahwa salah satu rekan mereka kepada tim Basarnas sehingga tim berusaha membantu evakuasi.

Baca juga: Petugas cari seorang pendaki yang hilang di Gunung Guntur
Baca juga: Lima pendaki asal Agam yang hilang di Gunung Marapi ditemukan

 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021