Puluhan ormas di Sumbar gelar aksi solidaritas Palestina

Puluhan ormas di Sumbar gelar aksi solidaritas Palestina

Gubernur Sumbar Mahyeldi melepas aksi peduli Palestina di Padang, Minggu (23/5/2021). ANTARA/HO-Pemprov Sumbar/am.

apa yang terjadi di sana, adalah permasalahan kita juga
Padang (ANTARA) - Puluhan ormas yang tergabung dalam Forum Komunikasi Sumatera Barat Peduli Palestina menggelar aksi solidaritas sebagai bentuk dukungan atas perjuangan Palestina melawan pendudukan Israel di Padang, Minggu.

Berangkat dari Masjid Raya Sumbar, Aksi longmarch dan flashmob digelar di sepanjang jalan Khatib Sulaiman hingga Jalan Sudirman Padang yang dilepas oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi penyerangan tentara Israel terhadap rakyat Palestina merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang harus ditentang.

"Untuk itu kita hadir pada hari ini untuk melakukan pembelaan kepada Palestina. Perjuangan kemerdekaan dan perjuangan menuntut hak bagi warga masyarakat Palestina," ujarnya.

Baca juga: Anis Matta: Indonesia ambil peran lebih besar atasi konflik Palestina
Baca juga: Israel terus tahan warga Palestina di Yerusalem Timur


Ia mendorong pemerintah pusat untuk menginisiasi dukungan internasional dalam rangka membela kepentingan rakyat Palestina dalam mendapatkan hak-haknya.

"Kita mendukung sikap yang telah ditunjukkan oleh pemerintah Indonesia untuk lebih konkret lagi diantaranya mendesak lembaga internasional memberikan sanksi kepada Israel," harapnya.

Menurut Mahyeldi, Indonesia dan Palestina memiliki hubungan yang erat karena merupakan salah satu negara yang mendukung dan mengakui kemerdekaan Indonesia.

Longmarch juga diisi orasi beberapa tokoh masyarakat dan pimpinan ormas salah satunya Ketua Ikatan Dai Indonesia (IKADI) wilayah Sumatera Barat Urwatul Wusqa.

Baca juga: 22 komunitas bentuk Forum Masyarakat Aceh Peduli Palestina
Baca juga: PCNU Temanggung gelar doa bersama untuk rakyat Palestina


Menurut Urwatul, apa yang terjadi di Palestina dan Masjid Al Aqsha bukan hanya menjadi permasalahan bangsa Palestina melainkan permasalahan umat Islam.

“Kita ingin berikan pemahaman terhadap masyarakat, bahwa apa yang terjadi di sana, adalah permasalahan kita juga. Sebagaimana ketika ada masjid di sini, yang kita tidak rela jika dinistakan,' kata dia.

Ia menyampaikan tujuan aksi ini untuk syiar kepedulian atas apa yang terjadi di Palestina, mengumpulkan donasi untuk membantu rakyat Palestina, dan penyadaran bagi masyarakat, sehingga masyarakat melek dan tidak aneh dengan permasalahan Palestina.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Pengurus Wilayah Badan Kontak Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Sumatera Barat, Nurlizam yang mendorong seluruh DPD BKPRMI se-Sumbar untuk terus memberikan penyadaran kepada masyarakat terkait pentingnya kepedulian terhadap perjuangan rakyat Palestina membebaskan diri dari penjajahan Israel.

Baca juga: Muhammadiyah himpun Rp7 miliar donasi untuk Palestina
Baca juga: Kemlu tegaskan dukungan RI terhadap Palestina amanat konstitusi

 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bentangan bendera raksasa dan dukungan warga Jabar untuk Palestina

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar