Jakarta (ANTARA) - Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah memastikan kepada seluruh komite olimpiade nasional (NOC) bahwa Olimpiade Tokyo masih tetap akan berlangsung sesuai jadwal pada 23 Juli-8 Agustus mendatang.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Ferry Kono menanggapi ketidakpastian Olimpiade 2020 Tokyo yang hingga kini memunculkan gelombang penolakan dari warga Jepang karena dirasa tidak aman akibat masih tingginya jumlah kasus COVID-19.

“IOC memberitahukan ke semua NOC bahwa Olimpiade masih sesuai jadwal. Di sisi lain, IOC juga memberitahu ke NOC bahwa rencananya akan ada rapat di Tokyo, tetapi karena pandemi masih tinggi jadi rapatnya diundur,” kata Ferry Kono saat dihubungi Antara di Jakarta, Minggu.

“Jadi sampai sekarang belum ada kabar penundaan,” sambung dia.

Baca juga: Jepang darurat COVID-19, KOI berharap Olimpiade Tokyo tetap digelar

Ferry menjelaskan bahwa kontingen Indonesia masih terus mempersiapkan diri menuju pesta olahraga terakbar di dunia itu apalagi beberapa ajang kualifikasi masih berlangsung.

KOI bahkan sudah mulai rutin melakukan rapat bersama Chief de Mission atau ketua kontingen Olimpiade Tokyo Rosan P. Roeslani untuk membahas terkait persiapan dan rencana tim selama di Tokyo nanti.

“Kami sudah rapat bersama bapak CdM langsung membahas persiapan mulai dari akreditasi, estimasi jumlah tim, akomodasi, transportasi di Tokyo, dan segala hal yang sifatnya menjadi urusan tim kontingen,” tuturnya.

Baca juga: KOI pastikan SK tim CdM Olimpiade Tokyo segera terbit

Beberapa atlet Indonesia sudah lolos dan siap berangkat ke Olimpiade 2020 Tokyo. Mereka adalah Lalu Muhammad Zohri dari atletik, Riau Ega Agatha dan Diananda Chairunisa dari panahan, Vidya Rafika Rahmatan Thayiba dari cabang olahraga menembak, Rifda Irfanaluthfi dari cabang senam, dan Mutiara Rahma Putri/Melani Putri dari cabang dayung.

Jumlah ini dipastikan akan bertambah karena ada beberapa atlet yang sudah lolos namun belum ditetapkan seperti dua atlet angkat besi, yakni Eko Yuli Irawan dan Windy Cantika. Selain itu,ada juga 11 wakil atlet bulu tangkis Indonesia yang sudah dalam posisi aman dan diharapkan mampu mempertahankan tradisi emas di Tokyo nanti.

Baca juga: KOI: Pandemi bukan halangan bulu tangkis raih medali Olimpiade
Baca juga: Dayung Indonesia raih tiket Olimpiade Tokyo


 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021