Sampaikan aspirasi sebanyak-banyaknya selama kunjungan anggota DPD RI.
Banjarmasin (ANTARA) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti serap aspirasi warga Kalimantan dan Sulawesi pada kunjungan kerja yang dilakukan di beberapa daerah di dua provinsi tersebut.

LaNyalla beserta rombongan mengawali rangkaian kunjungan kerjanya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu, yang akan dirangkai dengan berbagai kunjungan ke beberapa daerah lainnya di Kalsel.

Menurut dia, kunjungan kerja Kalimantan-Sulawesi cukup spesial sehingga ingin menyerap aspirasi daerah sebanyak-banyaknya.

"Kunjungan kerja kali ini seperti roadshow. Saya ingin bergerak cepat dan saksama untuk menemui para kepala daerah, gubernur, maupun bupati/wali kota, serta pemangku kepentingan di daerah untuk mendengar dan melihat langsung permasalahan yang dihadapi daerah," katanya.

Sejumlah agenda yang akan dilakukan LaNyalla di Kalsel, di antaranya mengisi kuliah umum di STIE Banjarmasin, menjadi keynote speaker di FGD Universitas Lambung Mangkurat, kunjungan ke media massa lokal, hingga mengadakan pertemuan dengan tokoh dan masyarakat di Banjarmasin.

"Setiap laporan permasalahan yang ada akan kami bawa ke Jakarta, kemudian kami coba telaah bagaimana solusi terbaiknya. DPD RI sebagai advokat daerah akan mencoba mencari jalan keluar sehingga permasalahan di daerah segera selesai," tuturnya.

Baca juga: LaNyalla: Penjualan vaksin COVID-19 ilegal cederai rasa kemanusiaan

Wakil rakyat asal Daerah Pemilihan Jawa Timur itu memastikan bahwa DPD RI akan menjembatani keperluan daerah kepada pemerintah pusat sekaligus akan memperjuangkan kebutuhan daerah.

Mantan Ketum PSSI ini berpesan kepada pemerintah daerah dan segenap lapisan masyarakat agar memanfaatkan momen kunjungan kerja DPD RI dengan memberikan informasi berbagai persoalan yang terjadi di daerah.

"Sampaikan aspirasi sebanyak-banyaknya selama kunjungan kami. Sebagai mitra daerah, DPD RI siap memberi bantuan untuk memajukan setiap provinsi yang ada di Indonesia. Bagi kami, Indonesia adalah wajah dari 34 provinsi. Kalau provinsi maju dan makmur, Indonesia juga maju dan makmur," katanya.

Selain Kalsel, Ketua DPD RI dijadwalkan mengunjungi Kalimantan Utara. Dari Kalimantan, LaNyalla dan rombongan akan langsung menuju Sulawesi untuk mengunjungi dua provinsi lagi.

Ikut dalam rombongan tersebut, antara lain Ketua Komite I Fachrul Razi, Wakil Ketua Komite II Bustami Zainudin, Ketua Komite III Sylviana Murni, anggota DPD RI asal Sumatera Selatan Jialyka Maharani, Andi Muh Ihsan (Sulawesi Selatan), Habib Ali Alwi (Banten), serta Sekjen DPD RI Rahman Hadi.

Rombongan disambut Pj.0 Gubernur Kalsel Safrizal, Ketua DPRD Kalsel (HC) Supian, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Banjarbaru Andri Irawan, dan perwakilan Forkopimda Kalsel.

Baca juga: LaNyalla sambut investasi Nestle guna membuka lapangan kerja baru

Empat anggota DPD RI dari Dapil Kalsel juga ikut menyambut Ketua DPD RI dan rombongan. Mereka adalah Habib Abdurrahman Bahasyim, Gusti Farid Hasan Aman, Habib Zakaria Bahasyim, dan Habib Hamid Abdullah.

"Terima kasih atas sambutan hangat Forkopimda Kalsel. Sebuah kesempatan istimewa saya bersama rombongan bisa berkesempatan hadir di Kota Seribu Sungai," tutur LaNyalla di VIP Room Pemprov Kalsel di Lanud Sjamsudin Noor.

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021