Jakarta (ANTARA) - Abraham Damar Grahita memimpin Prawira Bandung mengalahkan West Bandits Solo dengan skor 85-68 dalam gim pertama babak playoff Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 di Mahaka Area, Jakarta, Minggu.

Pebasket berusia 25 tahun itu memborong 28 poin setelah bermain selama sekitar 33 menit, demikian catatan resmi IBL.

Sedangkan Reza Guntara dan Arif Hidayat berkontribusi dengan mencetak masing-masing 11 poin.

Sementara di kubu West Bandits, Widyanta Putra Teja memimpin perolehan angka lewat 17 poin, diikuti 14 poin dari Pringgo Regowo, serta 11 poin yang masing-masing dicetak oleh Rio Disi dan Alan As’adi.

"Dari awal setelah kemenangan melawan melawan Satria Muda boleh dikatakan itu statement kalau kami contender di IBL musim ini,” kata Abraham dalam wawancara pascalaga.

Baca juga: Bima Perkasa rebut kemenangan gim pertama playoff IBL 2021

Laga berjalan cukup alot sejak tepis mula. West Bandits sempat memimpin 8-2 saat kuarter pertama berjalan tiga menit. Namun Prawira mampu membalikkan momentum berkat tripoin Abraham Damar serta layup dari Pandu Wiguna untuk berbalik memimpin 9-8.

Tim asuhan Andre Yuwadi itu semakin memperlebar jarak dengan mencatatkan tujuh poin tanpa balas. West Bandits hanya mampu merespons lewat tripoin dari Widyanta Putra Teja saat sisa waktu satu menit 34 detik. Hingga akhirnya dua layup dari Pandu Wiguna dan Arif Hidayat membawa Prawira terus memimpin 20-11 pada kuarter pertama.

West Bandits mencoba bangkit di kuarter kedua lewat beberapa tembakan tiga angka yang akurat. Sayang, empat lemparan tripoin yang dilesakkan belum mampu mengejar ketertinggalan mereka dari Prawira.

Sementara itu, 12 poin yang dicetak Abraham di kuarter kedua membawa Prawira tetap unggul 39-32 pada paruh pertama pertandingan.

Baca juga: Pemain Satria Muda Sandy Ibrahim tak takut gemuk usai Lebaran

Produktivitas poin West Bandits menurun di kuarter ketiga. Kondisi tersebut dimanfaatkan oleh para pemain Prawira untuk melakukan penetrasi ke paint area lawan.

Walhasil, beberapa lemparan yang dilesakkan di dekat keranjang membawa Prawira kian memperlebar jarak hingga 17 poin dalam kedudukan 61-44 sebelum menutup kuarter ketiga dengan skor 63-46.

Beruntung, Prawira mampu menjaga konsistensinya hingga kuarter keempat kendati West Bandits mulai kembali produktif mencetak angka. Namun, 22 poin yang dicetak Prawira di kuarter terakhir itu cukup untuk memastikan kemenangan mereka 85-68.

Prawira Bandung dan West Bandits akan berjumpa lagi di gim kedua pada Senin (24/5).

Jika bisa menang lagi besok, Prawira dipastikan langsung lolos ke semifinal untuk melawan Satria Muda Pertamina. Namun, jika West Bandits yang menang maka perebutan tiket semifinal akan berlanjut ke gim ketiga.

“Dari musim reguler, PR Prawira adalah konsistensi dan besok adalah waktunya untuk menunjukkan bahwa kami berhasil mengatasi PR tersebut,” kata Abraham menanggapi gim besok.

Baca juga: Juri IBL Award 2021 libatkan pelatih dan asisten pelatih klub
Baca juga: Jadi MVP IBL 2021, Jamarr Andre Johnson cetak sejarah


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021