Liga Inggris

Leeds, Newcastle dan Sheffield United tutup musim dengan positif

Leeds, Newcastle dan Sheffield United tutup musim dengan positif

Gelandang Leeds United Kalvin Phillips (kanan) melakukan selebrasi bersama Stuart Dallas seusai mencetak gol kedua timnya ke gawang West Bromwich Albion dalam laga pekan pemungkas Liga Inggris 2020/21 di Stadion Elland Road, Leeds, Inggris, Minggu (23/5/2021). ANTARA/REUTERS/POOL/Lynne Cameron.

Jakarta (ANTARA) - Leeds United, Newcastle United dan Sheffield United menutup kiprah mereka di Liga Inggris musim 2020/21 dengan raihan positif dalam rangkaian laga pekan pemungkas, Minggu.

Leeds meraih kemenangan 3-1 atas West Bromwich Albion dalam laga pemungkas mereka di Stadion Elland Road untuk memecahkan rekor sebagai tim promosi dengan raihan poin terbanyak dalam 20 tahun terakhir.

Rodrigo Moreno membuka keunggulan Leeds pada menit ke-17 dengan menanduk umpan silang Raphinha, sebelum Kalvin Phillips menggandakannya dengan eksekusi tendangan bebas tiga menit jelang turun minum.

Baca juga: Manchester City cukur Everton 5-0 sebelum angkat trofi Liga Inggris
Baca juga: Manchester United tutup musim dengan rekor nirkalah tandang


Konversi penalti Patrick Bamford pada menit ke-79 menambah keunggulan Leeds sebelum West Brom mencetak gol hiburan tepat di pengujung waktu normal melalui Hal Robson-Kanu.

Leeds finis di urutan kesembilan dengan 59 poin untuk memecahkan raihan poin tim promosi dalam 20 tahun terakhir, hanya kalah dari Ipswich Town yang meraih 66 poin pada 2000/21.

Selain itu, Leeds juga menjadi tim promosi paling subur sepanjang sejarah Liga Premier lewat koleksi 62 gol yang dibukukannya sepanjang musim ini.

Sedangkan West Brom yang sudah terdegradasi finis di urutan ke-19 dengan 26 poin dalam laga perpisahan bersama Sam Allardyce, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Tottenham bantu Chelsea tetap finis di empat besar
Baca juga: Swansea tantang Brentford di final playoff promosi menuju Liga Premier


Dalam pertandingan lain di Craven Cottage, Newcastle membungkam tuan rumah Fulham 2-0.

Pemain pinjaman Joe Willock membuka keunggulan Newcastle pada menit ke-23 untuk membuatnya menyamai rekor sosok legendaris Alan Shearer sebagai pemain The Magpies yang sukses mencetak gol dalam tujuh pertandingan beruntun.

Fabian Schaar melengkapi kemenangan Newcastle lewat eksekusi penalti dua menit jelang bubaran normal, sementara Fulham jadi tim Liga Premier pertama yang gagal mencetak 10 gol dalam laga kandang sepanjang musim.

Newcastle finis di urutan ke-12 dengan raihan 45 poin, sedangkan Fulham (28) di peringkat ke-18 dan sudah terdegradasi sejak beberapa pekan lalu.

Tim lain yang sudah terdegradasi dan merupakan juru kunci klasemen Sheffield United bisa menutup musim dengan cara positif setelah mengalahkan Burnley 1-0 di Bramall Lane.

David McGoldrick menjadi pencetak gol semata wayang kemenangan Sheffield sekaligus menghindarkan The Blades dari rekor buruk gagal mencetak 20 gol dalam semusim di Liga Inggris.

Sheffield tetap finis sebagai juru kunci tapi memetik sembilan poin dalam enam laga terakhirnya dan berakhir dengan 23 poin, sedangkan Burnley di urutan ke-17 dengan 39 poin.

Baca juga: Dwigol Mane lempangkan langkah Liverpool ke Liga Champions
Baca juga: Guardiola pelatih terbaik sepanjang masa

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar