Saya sangat terbantu dengan program ini, karena selama ini mengalami kesulitan registrasi dan mendapat jadwal di sela-sela waktu bekerja,
Jakarta (ANTARA) - KBRI Washington DC bekerja sama dengan organisasi-organisasi masyarakat Indonesia dan dinas kesehatan Amerika Serikat berinisiatif menggelar vaksinasi COVID-19 bagi WNI dan diaspora Indonesia di wilayah District of Columbia, Maryland, dan Virginia (DMV).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (22/5), KBRI Washington DC menggandeng sejumlah organisasi masyarakat Indonesia di AS, yaitu Indonesian American Association (IAA), Paguyuban Tiyang Jawi Washington DC, dan Rumpun Wargi Pasundan USA, serta Fairfax County Health Department dan Neighborhood Health.

Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Washington DC Gustaav Ferdinandus menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memaksimalkan pelindungan dan memperluas akses vaksin COVID-19 bagi WNI dan diaspora Indonesia di AS.

Baca juga: KBRI Washington DC berikan 2.000 masker untuk WNI di AS
Baca juga: 140 ribu WNI di AS aman di tengah aksi protes yang kian merebak


“Bentuk kerja sama KBRI Washington DC dengan pemerintah daerah setempat di AS dan organisasi masyarakat yang sangat baik ini akan diupayakan terus berlanjut sehingga manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat dan diaspora Indonesia,” kata Ferdinandus, seperti disampaikan dalam keterangan tertulis KBRI, Senin.

Upaya itu mendapat sambutan sangat baik dan positif dari masyarakat yang hadir mengingat  vaksinasi dirasakan sangat mudah dan nyaman. Peserta cukup mendatangi lokasi vaksinasi dan menunjukkan kartu identitas atau paspor.

“Saya sangat terbantu dengan program ini, karena selama ini mengalami kesulitan registrasi dan mendapat jadwal di sela-sela waktu bekerja,” kata Janna, seorang WNI yang bermukim di Maryland.

“Pilihan waktu penyelenggaraan dan proses vaksinasi yang diatur oleh Neighborhood Health dengan sistem datang langsung sangat menguntungkan,” ujar dia, menambahkan.

Masyarakat Indonesia yang memiliki anak usia 12 tahun ke atas juga sangat mengapresiasi program itu.

“Proses vaksinasi sangat jelas, simpel, dan tidak menyulitkan bagi saya dan anak-anak,” tutur Ibu Yoni, WNI yang tinggal di Virginia, yang menemani empat anaknya untuk mendapatkan vaksin.

Sebagaimana diketahui, Badan Obat dan Makanan AS telah memberikan otorisasi vaksin Pfizer untuk diberikan kepada anak-anak yang berusia 12 tahun ke atas sejak 10 Mei 2021. Kebijakan ini merupakan momentum yang tepat, khususnya kepada anak-anak WNI dan diaspora di wilayah DMV untuk memperoleh vaksin.

Ke depan, KBRI Washington D.C. akan terus bekerja sama dengan organisasi/komunitas masyarakat dan diaspora Indonesia serta pemerintah daerah maupun organisasi setempat untuk menyelenggarakan program-program lanjutan bertema kesehatan, khususnya sosialisasi fasilitas dan pelayanan medis yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan diaspora Indonesia di AS.

Baca juga: Gandeng kepolisian AS, KBRI Washington beri pelindungan bagi WNI
Baca juga: Kelas virtual Bahasa Indonesia diluncurkan di Amerika Serikat


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021