Komisi II gelar rapat tertutup bahas desain Pemilu 2024

Komisi II gelar rapat tertutup bahas desain Pemilu 2024

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung. ANTARA/Naim.

Jakarta (ANTARA) - Komisi II DPR RI menggelar rapat Tim Kerja Bersama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), membahas konsep dan desain penyelenggaraan Pemilu 2024 yang berlangsung secara tertutup.

"Ini rapat Tim Kerja Bersama yang disepakati dari Rapat Kerja kita terakhir. Tim ini dibentuk untuk tindak lanjuti draf dari konsep dan desain Pemilu 2024 yang sudah disusun KPU untuk didalami dan disepakati, kira-kira konsepnya seperti apa," kata Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia saat membuka rapat, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan, rapat tersebut merupakan rapat pertama yang digelar oleh Tim Kerja Bersama, sejak dibentuk pertama kali pada Rapat Kerja Komisi II DPR beberapa waktu yang lalu.

Doli mengatakan, Komisi II DPR telah menetapkan 12 orang anggotanya untuk menjadi anggota Tim Kerja tersebut, terdiri dari para pimpinan Komisi II dan Ketua Kelompok Fraksi.

"Sebanyak 12 orang itu terdiri dari semua pimpinan dan Kapoksi, lalu Kemendagri ada dua perwakilan yaitu Dirjen Otonomi Daerah, dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum). Kalau KPU dan Bawaslu diwakili semua anggotanya, tidak masalah," ujarnya.

Doli menjelaskan, masing-masing institusi yang tergabung dalam Tim Kerja tersebut sebenarnya sudah saling berkoordinasi misalnya Kemendagri sudah beberapa kali mengadakan pertemuan dengan KPU-Bawaslu.

Karena itu menurut politisi Partai Golkar itu, Komisi II DPR ingin mendengarkan hasil koordinasi tersebut dan nanti akan disusun agenda berikutnya.

Hadir dalam Rapat Tim Kerja tersebut para Pimpinan dan anggota Komisi II DPR RI, Dirjen Otda Kemendagri Akmal Malik, Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar, dan para anggota KPU, Bawaslu, serta DKPP.

Baca juga: Muswil PPP ajang konsolidasi nasional songsong Pemilu 2024
Baca juga: Megawati ingatkan kader PDIP untuk solid menangkan Pemilu 2024
Baca juga: PKB dan PKS jajaki titik temu untuk awali konsolidasi pemilu 2024


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KPK tetapkan Azis Syamsuddin sebagai tersangka

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar