Jakarta (ANTARA) - Devin Booker membukukan 34 poin, delapan assist dan tujuh rebound untuk membawa Phoenix Suns meraih kemenangan 99-90 atas tim tamu Los Angeles Lakers pada gim ke-1 putaran pertama playoff NBA Wilayah Barat, Minggu (Senin WIB).

Deandre Ayton menambah 21 poin melalui 10 dari 11 tembakan dan membuat 16 rebound untuk unggulan kedua Suns, yang lolos ke babak playoff pertama kalinya sejak 2010.

LeBron James membukukan 18 poin, 10 assist dan tujuh rebound untuk pemeringkat ketujuh Lakers.

Selanjutnya, gim ke-2 dari seri best-of-seven tersebut akan digelar di Phoenix, Selasa (Rabu WIB).

Baca juga: Tobias Harris bantu Sixers tumbangkan Wizards
Baca juga: Curry, Jokic, Embiid jadi finalis MVP NBA


Bintang Suns Chris Paul hanya bermain selama 36 menit dan mengumpulkan tujuh poin serta delapan assist. Ia mengalami cedera bahu kanan pada kuarter kedua saat rekan setimnya Cameron Johnson menjepit lengannya. Paul pun terpaksa melewatkan kuarter kedua dan ketiga.

Dennis Schroder mencetak 14 poin untuk Los Angeles. Anthony Davis hanya mengemas 13 poin melalui 5 dari 16 tembakan dan Andre Drummond beserta Montrezl Harrell masing-masing menyumbang 12 poin untuk Lakers.

Suns melepaskan 46,5 persen tembakan di lapangan, termasuk 9 dari 28 lemparan tiga angka.

Sementara itu, Los Angeles membuat 43,4 persen tembakan di lapangan, dengan 7 dari 26 tembakan dari belakang garis busur.

Lakers tertinggal 13 poin dengan waktu tersisa 3:23 sebelum Alex Caruso membuat tembakan tripoin 18 detik kemudian. Namun Davis dan Caruso gagal melakukan lemparan tiga angka berikutnya sebelum pemain Phoenix Jae Crowder menambah dua poin saat waktu tersisa 1:35.

Booker mendulang 17 poin pada babak pertama untuk membantu Phoenix mempertahankan keunggulan 53-45.

Baca juga: NBA temukan satu kasus positif COVID-19 dalam pengujian terbaru

Suns memimpin meski tidak melepaskan satu pun lemparan bebas dalam periode tersebut, sementara Los Angeles membuat 11 dari 17 tembakan jarak jauh.

Secara keseluruhan, Lakers melakukan 17 dari 28 lemparan bebas, sedangkan Phoenix hanya melesakkan 10 dari 12 lemparan bebas.

Phoenix memimpin 38-29 ketika Paul mulai mengalami cedera dan tertinggal saat waktu tersisa 9:19. Ia kembali ke lapangan dengan sisa waktu 5:32 dan Suns kembali memimpin dengan jarak sembilan poin.

Phoenix meningkatkan keunggulannya menjadi 71-56 berkat kesalahan dari Mikal Bridges dengan sisa waktu 6:04 pada kuarter ketiga.

Namun 59 detik kemudian, Paul kembali meninggalkan lapangan untuk memperbaiki bahunya, dan Lakers memotong skor defisit mereka menjadi tujuh poin.

Sekembalinya Paul pada sisa waktu 1:17, Suns memimpin dengan 13 poin, dan Booker menambahkan dua lemparan bebas saat waktu tersisa 11,1 detik saat Suns unggul 81-68 menuju kuarter terakhir.

Lemparan tiga angka dari Booker memberi Phoenix keunggulan 86-70 dengan sisa waktu 11:04 sebelum Los Angeles melepaskan tujuh tembakan berikutnya. Sayangnya, sang juara bertahan itu tidak mampu mengejar dan mengungguli Suns hingga berakhirnya pertandingan, demikian Reuters.

Baca juga: LeBron James bawa Lakers maju ke babak playoff Wilayah Barat
Baca juga: NBA buat penghargaan Kareem Abdul-Jabbar


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021