Tahun ini kita bayangkan sebagai tahun mulai bangkit ke depan
Jakarta (ANTARA) - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengusung Jakarta Bangkit sebagai tema pencanangan hari ulang tahun (HUT) ke-494 Kota Jakarta di Balai Kota Jakarta, Senin.

Gubernur Anies menjelaskan bagaimana Jakarta telah melalui setahun melawan pandemi yang berakibat seluruh aspek di Jakarta mengalami kontraksi karena pembatasan interaksi.

"Tahun lalu, kita dalam masa ujian dan tantangan yang relatif baru, karena baru kali ini kita berhadapan dengan wabah, jadi tahun kemarin kita ambil tema tangguh, kita tengok ke belakang bahwa tahun kemarin semua kegiatan landai baik ekonomi, sosial dan budaya, sehingga kalau diilustrasikan kurvanya menurun," kata Anies.

Anies menjelaskan "Jakarta Bangkit" diusung sebagai tema perayaan tahun kedua HUT Kota Jakarta di masa pandemi.

Dalam tema itu, terdapat semangat dan optimisme, bahkan Anies berharap kebangkitan Jakarta ini akan lebih baik lagi daripada masa sebelum Jakarta menghadapi pandemi.

Baca juga: Ini adu pantun para wali kota/bupati Jakarta saat HUT ke-494

"Tahun ini kita bayangkan sebagai tahun mulai bangkit ke depan ditandai dengan mulai bergeliatnya kegiatan ekonomi, sosial dan budaya. Jadi, kami bayangkan pada saat kita turun kita bertahan dan tangguh dan sekarang kita saatnya bangkit," kata Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Melalui imunitas kolektif lewat vaksinasi dan infeksi, Jakarta diharapkan bangkit dan akan lebih baik dari sebelum pandemi.

Anies juga kembali menegaskan komitmen yang telah dijalankan Pemprov DKI sebagai Kota Kolaborasi yakni warganya turut terlibat aktif dalam pembangunan kota.

"Kami memang tentukan arah pembangunannya, tapi kami ajak semua terlibat. Ini 'mindset' baru di DKI Jakarta, tapi ini bukan baru bagi Indonesia, karena bangsa ini dibangun dengan semangat gotong royong," lanjutnya.

Logo bangkit
Guna memeriahkan HUT ke-494 Kota Jakarta, logo yang dipilih memiliki filosofi yang menggambarkan harapan dan mimpi masyarakat Jakarta untuk bangkit.

Baca juga: Pasar Embrio Jakarta Timur jadi lokasi pencanangan HUT ke-494 DKI

Selain itu, ada elemen identitas Plus Jakarta yang menunjukkan sebagai Kota Kolaborasi.

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan HUT ke-494 Kota Jakarta tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan.

Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan rangkaian acara yang diadakan secara virtual. Hal ini dilakukan agar tetap bisa dinikmati oleh masyarakat umum dari rumah masing-masing.

Rangkaian acara HUT ke-494 Kota Jakarta sudah dimulai sejak April 2021 dalam sebuah rangkaian kegiatan bertajuk "Berkah Energi Ramadhan".

Selain itu, sedang berjalan juga 'Jakpreneur Fest' untuk membantu UMKM naik kelas, terpromosi dan terhubung sebagai upaya membangkitkan perekonomian kota.

Baca juga: Tari Jakarta Bangkit jadi pembuka Pencanangan HUT ke-494 Ibu Kota

Kemudian, akan diadakan pula "Jakarta Investment" yang bertujuan memperbaiki keadaan fiskal Jakarta melalui skema investasi dan membangun Jakarta dengan kolaborasi.

Dari sisi transportasi, akan dilaksanakan Penataan Stasiun Tahap II, Fasilitasi Integrasi CSW dan Desain Proteksi Jalur Sepeda.

Sedangkan, untuk pemulihan lapangan pekerjaan, akan dilaksanakan kegiatan Kolaborasi Sosial Berskala Besar Ketenagakerjaan dan Pelatihan Kerja serta upaya untuk Mendorong Penempatan Kerja.

Lalu yang tak kalah penting, Aksi Hemat Energi juga menjadi salah satu rangkaian kegiatan hari ulang tahun Jakarta tahun 2021, yaitu Aksi Pemadaman Lampu pada 7 Landmark Jakarta untuk memperingati World Environment Day, 5 Juni 2021.

Diketahui, DKI Jakarta akan menginjak usia ke-494 pada 22 Juni 2021.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021