Jakarta (ANTARA) - Bupati Kepulauan Seribu DKI Jakarta, Junaedi menjadikan Kampung Jepang, Pulau Untung Jawa, sebagai lokasi kegiatan bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang tergabung dalam "Jakpreneur".

"Di sini nanti akan kami bangun Jakpreneur yang ada di wilayah. Khususnya di Pulau Untung Jawa ini bisa kami bangkitkan," kata Junaedi saat ditemui wartawan di Jakarta, Senin.
​​
Junaedi menuturkan pihaknya akan menentukan warga yang masuk Jakpreneur guna menjalankan kegiatan UKM, seperti kuliner maupun wirausaha lainnya di Kampung Jepang.

Junaedi mengatakan pada pencanangan Hari Ulang Tahun ke-494 DKI Jakarta sudah ada 26 kios yang sudah dibangun untuk keperluan wisata di Pantai Sakura, Kampung Jepang, Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.

"Lokasi pencanangan kami tempatkan di destinasi Kampung Jepang, Pantai Sakura, Kelurahan Untung Jawa. Kenapa kami tempatkan di destinasi kampung Jepang, berbagai alasan tadi saya sampaikan (dalam video konferensi bersama Gubernur DKI Jakarta)," ujar Junaedi.

Adapun saat ini, menurut Junaedi, pembangunan Kampung Jepang sudah mencapai 97 persen. Ia mengatakan tiga persen sisanya tinggal merapikan yang sudah dikerjakan oleh pihak PT Pertamina Patra Niaga.

"Karena ini adalah kewajiban yang sudah kami tanda tangani kerjasamanya dan InsyaAllah mungkin beberapa minggu ke depan akan kami resmikan di Pantai Sakura," tutur Junaedi.

Ia mengatakan dalam rangka membuat ide dan gagasan mengenai desain Kampung Jepang, pihaknya memang bersama masyarakat dan anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara tersebut untuk melaksanakan kolaborasi.

"Alhamdulillah kolaborasi ini terwujud dalam bentuk destinasi Kampung Jepang," ungkap Junaedi.

Junaedi berharap keberadaan Kampung Jepang sebagai pusat kegiatan UKM menjadi sebuah kebangkitan Jakarta dan Kepulauan Seribu untuk menambah objek wisata yang dapat meningkatkan sektor perekonomian warga sekitar.

Diketahui, DKI Jakarta akan menginjak usia ke-494 pada 22 Juni 2021, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencanangkan peringatan hari jadi ibu kota negara ini dengan tema "Jakarta Bangkit".

Baca juga: Kampung Jepang Kepulauan Seribu sambut pencanangan HUT ke-494 DKI
Baca juga: Pasar Embrio Jakarta Timur jadi lokasi pencanangan HUT ke-494 DKI
Baca juga: Bupati hentikan sementara perjalanan wisata ke Kepulauan Seribu

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021