Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan renang internasional di perairan terbuka Oceanman Bali 2021 akan digelar pada 13-14 Agustus setelah beberapa kali dilakukan penundaan.

Ajang olahraga, yang diinisiasi oleh dua mantan perenang nasional Albert Susanto dan Felix Susanto, rencananya akan dilaksanakan di Pantai Sanur, Denpasar, satu pekan setelah Oceanman Cozumel di Mexico.

"Seringkali atlet nasional mewakili Indonesia, saat inilah waktu yang tepat untuk membuktikan bahwa kita bisa menyelenggarakan ini dan untuk mengangkat nama Indonesia," ujar Felix dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Oceanman Bali 2021 menjadi bagian dari seri Kejuaraan Oceanman global, dan Indonesia akan menjadi negara ke-9 di dunia yang ditunjuk sebagai tuan rumah pada tahun ini.

Baca juga: PRSI datangkan pelatih renang dari Australia demi Olimpiade
Baca juga: Tim renang Kanada batalkan kamp pelatihan pra-Olimpiade di Jepang


Chairman Oceanman, Wibowo Suseno Wirjawan, mengatakan ajang olahraga tersebut diharapkan dapat memberi pesan optimisme di tengah negatif growth di Bali yang mencapai minus 40 persen.

"Kita bantu terutama situasi COVID-19 yang membuat banyak orang pesimis. Bisnis dan tenaga kerja hancur di sana. Mudah-mudahan dengan acara ini dapat membantu Bali," kata Wibowo.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung penuh acara olahraga berskala internasional tersebut.

Direktur event nasional dan internasional Kemenparekraf, Dessy Ruhati, mengatakan acara tersebut diharap memulihkan pariwisata Indonesia di mana Bali merupakan salah satu ujung tombak industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

"Demikian juga sesuai dengan arahan Presiden RI yang menginginkan Indonesia sebagai destinasi event dalam hal ini tentunya event Oceanman ini menjadi salah satu di mana membuktikan ketika lokasi Bali menjadi salah satu destinasi di dalam pelaksanaan ini diharapkan dapat mengedepankan protokol kesehatan dan CHSE," kata Dessy.

"Sehingga pelaksanaan event ini betul-betul terkontrol dengan baik, bahwa protokol kesehatan di masa pandemi ini tetap dilaksanakan dan kita bisa menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia sebagai salah satu destinasi event yang juga sangat memperhatikan di dalam menjaga kesehatan baik itu peserta maupun pengunjung," dia menambahkan.

Baca juga: Kemampuan atlet renang Siman Sudartawa dinilai mulai kembali

Albert Susanto memastikan bahwa acara yang akan diikui oleh 25 negara dan kurang lebih 500 peserta itu akan memenuhi protokol kesehatan.

"Nanti kita adakan tes PCR. Rencananya kita akan ada pada saat sampai, kemudian sebelum turun, mungkin kita sesering mungkin," kata Albert.

Oceanman Bali 2021 menandingkan empat kategori dan jarak, yaitu Oceanman dengan jarak 10km, Half Oceanman yang lebih pendek dengan jarak 5km, Sprint dengan jarak 2km dan kategori OceanKids dengan jarak 1km. Perenang kualifikasi tertinggi di kategori Oceanman dan Half Oceanman akan lolos ke Kejuaraan Dunia Oceanman di Somabay, Mesir, Desember mendatang.

Baca juga: Federica Pellegrini bakal cetak rekor kepesertaan di lima Olimpiade
Baca juga: Sarah Sjostrom si ratu gaya kupu-kupu sudah kembali berenang

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021