Los Angeles (ANTARA News) - Sylvester Stallone dan gerombolan tentara bayaran di "The Expendables" memimpin box office Amerika Utara untuk akhir pekan kedua pada Ahad.

"The Expendables" meraup sebanyak 16,5 juta dolar AS di seluruh Amerika Serikat dan Kanada selama tiga hari mulai Jumat atau yang biasa disebut box office. Film itu menggilas lima pendatang baru.

Seluruh perolehan dalam 10 hari bagi thriler aksi itu naik jadi 64,9 juta dolar AS, kata distributor film tersebut Lionsgate. Meskipun begitu, pengasilan film itu turun 53 persen dari akhir pekan sebelumnya, ketika "The Expendables" mengantungi 34,8 juta dolar AS saat pembukaan, penghasilan terbesar sepanjang karir Sylvester.

Sylvester juga menyutradarai dan ikut menulis proyek bernilai 85 juta dolar AS yang diproduksi secara independen tersebut. Pemeran film itu meliputi aktor keras Inggris Jason Statham, Dolph Lundgren dari Swedia dan bintang beladiri kawakan China Jet Li.

Lionsgate, unit Lions Gate Entertainment Corp., menyatakan film tersebut dibuka dengan posisi No.1 di Inggris dengan penghasilan empat hari sebesar 5,8 juta dolar AS sejak Kamis.

Film pemula terbaik di Amerika Utara adalah plesetan "Twilight", "Vampires Suck", yang dibuka di No.2 dengan perolehan 12,2 juta dolar AS. Film tersebut mestinya menyandang mahkota kalau saja film itu diluncurkan tak terlalu cepat dua hari, yaitu pada Rabu, dengan tujuan memaksimalkan penjualan sebelum sekolah dilanjutkan setelah libur musim panas. Penghasilan awalnya berjumlah 18,6 juta dolar AS, sejalan dengan harapan.

Sementara itu film "Nanny McPhee Returns", yang dipandang memiliki peluang untuk menempati posisi teratas, malah menggelepar. Sequel tersebut dibuka pada posisi ke-7 dengan penghasilan hanya 8,3 juta dolar AS, padahal pendahulunya pada 2006 memulai dengan 14,5 juta dolar AS.

Posisi ketiga diisi oleh "Scott Pilgrim vs. the World" dan "Charlie St. Cloud", yang diluncurkan oleh ditributor pemilik bersama General Electric, Universal Pictures. Tetapi studio tersebut juga meluncurkan film itu di luar negeri, dan meraih pendapatan 63 juta dolar AS sejak penghujung Maret.

Film lain adalah "Lottery Ticket, yang menampilkan rapper Bow Wow, di No.4 dengan perolehan 11,1 juta dolar AS, film daur-ulang tak bergigi "Piranha 3D" di No.6 dengan 10 juta dolar AS, komedi romantasi Jennifer Aniston "The Switch" di No.8 dengan 8,1 juta dolar AS.
(C003/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010