Ini secara efektif adalah pembajakan penerbangan, yang disponsori negara
Kyiv/Vilnius (ANTARA) - Para pemimpin Eropa pada Senin (24/5) mengancam akan membatasi lalu lintas udara internasional di langit Belarus dan kemungkinan membatasi transportasi daratnya, setelah sebuah pesawat penumpang Ryanair dipaksa mendarat dalam insiden yang dikecam oleh negara-negara Barat sebagai "pembajakan negara". .

Para pemimpin Barat menggunakan bahasa terkuat untuk mengutuk insiden pada Minggu (23/5), di mana sebuah pesawat perang Belarus mencegat penerbangan antara Yunani dan Lithuania dan memaksanya mendarat di Minsk, tempat seorang jurnalis pembangkang ditangkap.

Negara-negara menyerukan pembebasan Roman Protasevich yang berusia 26 tahun, yang umpan media sosialnya dari pengasingan telah menjadi salah satu outlet independen terakhir untuk berita tentang negara itu sejak tindakan keras massal terhadap perbedaan pendapat tahun lalu.

"Ini secara efektif adalah pembajakan penerbangan, yang disponsori negara," kata Menteri Luar Negeri Irlandia Simon Coveney. Ia menggunakan istilah yang digaungkan oleh sejumlah negara lain. Menteri Luar Negeri Swedia Ann Linde mengatakan: "Ini berbahaya, sembrono, dan tentu saja EU akan bertindak."

Baca juga: Tunjukkan solidaritas, pesawat pembom AS terbang di atas negara Baltik
Baca juga: Belarus berencana tutup perbatasan dengan Polandia dan Lithuania


Kepresidenan Prancis mengatakan permintaan telah dikirim ke Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) untuk menangguhkan penerbangan internasional di atas ruang udara Belarus. Upaya untuk melarang maskapai negara Belarus Belavia dari bandara Eropa juga akan dibahas, termasuk langkah-langkah yang tidak ditentukan terkait jaringan transportasi darat.

Sebuah maskapai penerbangan Latvia, airBaltic, menjadi yang pertama mengumumkan tidak akan lagi menggunakan ruang udara Belarus, dan Avia Solutions yang terdaftar di Siprus mengatakan maskapai penerbangannya yang berbasis di Lithuania akan melakukan hal yang sama.

Menteri transportasi Lithuania, Marius Skuodis, mengatakan maskapai penerbangan Polandia LOT dan Hongaria Wizzair akan mengikuti keputusan itu dan mengumumkan bahwa semua penerbangan ke dan dari bandara Lithuania mulai tengah malam GMT harus menghindari wilayah udara Belarus.

Namun, pilihan untuk tindakan pembalasan Barat tampak terbatas. ICAO yang berbasis di Montreal tidak memiliki kekuatan regulasi, dan EU tidak memiliki kewenangan atas penerbangan lepas landas dan mendarat di Belarus atau terbang di atas ruang udaranya, selain dari penerbangan langsung yang berasal atau mendarat di Eropa. Belarus sebelumnya telah mengabaikan sanksi keuangan Uni Eropa dan Amerika Serikat.

Sebelum pertemuan yang dijadwalkan dari 27 pemimpin nasional Uni Eropa di Brussels, Perdana Menteri Lithuania Ingrida Simonyte mengatakan dia akan mendesak mitra untuk menutup wilayah udara Belarus untuk penerbangan internasional. Dia tidak menjelaskan bagaimana upaya itu akan dicapai.

Dia kemudian mengusulkan agar lembaga seperti Bank Investasi Eropa tidak boleh berpartisipasi dalam proyek yang membiayai Minsk. Pemerintahnya menyarankan warganya untuk menahan diri dari melakukan perjalanan ke Belarus dan mendesak mereka yang sudah berada di sana untuk meninggalkan negara itu.

Belarus mengatakan pihaknya bertindak sebagai tanggapan atas ancaman bom dalam penerbangan, yang ternyata merupakan peringatan palsu. Disampaikan pada Senin bahwa petugas pengontrol darat telah memberikan panduan untuk penerbangan itu tetapi tidak memerintahkan pesawat itu untuk mendarat.

Media pemerintah mengatakan keputusan untuk intervensi telah diperintahkan secara pribadi oleh Presiden Alexander Lukashenko.

Rusia, yang telah memberikan dukungan keamanan, diplomatik dan keuangan kepada Lukashenko, menuduh Barat munafik. Tercatat bahwa pada 2013, penerbangan dari Moskow yang membawa Presiden Bolivia telah dialihkan ke Austria setelah laporan buronan intelijen Amerika Serikat Edward Snowden mungkin ada di dalamnya.

Sanksi tidak memiliki pengaruh

EU dan Amerika Serikat telah menjatuhkan beberapa putaran sanksi keuangan terhadap Minsk tahun lalu, yang tidak berdampak pada perilaku Lukashenko, sekutu Rusia yang tetap bertahan dalam demonstrasi massa yang menentang pemerintahannya setelah pemilihan umum yang disengketakan.

Lukashenko membantah melakukan kecurangan pemilu. Sejak pemungutan suara yang disengketakan, pihak berwenang menahan ribuan lawannya, dengan semua tokoh oposisi utama sekarang di penjara atau diasingkan.

Belarus terletak pada jalur penerbangan beberapa rute penting di Eropa serta berada di antara Eropa dan Asia. ICAO, sebuah badan PBB, mengatakan pihaknya "sangat prihatin" dengan insiden tersebut, yang mungkin melanggar perjanjian inti yang mengatur penerbangan global, Konvensi Chicago yang berlaku sejak 1944.

Terbang menghindari wilayah udara Belarus akan memperlambat maskapai penerbangan dan menghabiskan uang mereka, dan selain beberapa dari negara tetangga yang mengumumkan tindakan, tidak jelas apakah maskapai lain akan melakukannya kecuali diperlukan. KLM Belanda mengatakan telah melakukan penilaian risiko dan tidak melakukan perubahan untuk saat ini.

"Kami, seperti semua maskapai penerbangan Eropa, sedang mencari panduan hari ini dari otoritas Eropa dan dari NATO," kata Pimpinan Ryanair Michael O'Leary, yang menyebut insiden itu sebagai pembajakan yang disponsori negara.

Dia juga mengatakan bahwa dia yakin agen keamanan telah berada dalam penerbangan itu dan turun di Minsk. Itu berarti operasi tersebut secara efektif telah dikoordinasikan dengan mata-mata yang beroperasi di darat di Yunani.

Mengingat hubungan keamanan antara Minsk dan Moskow, beberapa politisi Eropa secara terbuka berspekulasi mengenai kemungkinan keterlibatan Rusia, yang akan meningkatkan insiden yang melibatkan negara kecil paria Eropa menjadi insiden yang melibatkan negara adidaya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Menlu Polandia: EU mungkin berlakukan lebih banyak sanksi pada Belarus
Baca juga: Dua wartawan dipenjara di Belarus usai meliput aksi protes

Penerjemah: Gusti Nur Cahya Aryani
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021