KJRI Hong Kong punya aplikasi pelayanan pekerja migran

KJRI Hong Kong punya aplikasi pelayanan pekerja migran

Arsip-Para pekerja migran Indonesia dan anak buah kapal Indonesia bersiap meninggalkan Bandara Internasional Hong Kong, Kamis (1/10/2020) (ANTARA/HO-KJRI Hong Kong/mii)

Upaya kami untuk terus mengoptimalkan pelayanan dan pelindungan WNI di luar negeri
Hainan (ANTARA) - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hong Kong memiliki aplikasi baru untuk memberikan pelayanan informasi kepada para pekerja migran asal Indonesia.

Aplikasi baru yang dapat diunduh di Google Playstore dan Apple Store tersebut diberi nama LINGKAR PMI atau merupakan kependekan dari Layanan Informasi Ketenagakerjaan untuk Pekerja Migran Indonesia.

Sesuai dengan namanya, LINGKAR PMI memuat informasi antara lain pedoman bekerja, pelayanan, nomor hotline, daftar agen yang terakreditasi, lapor diri, profil KJRI Hong Kong, lokasi penting, link terkait, dan peraturan atau buku penting terkait ketenagakerjaan, demikian KJRI Hong Kong dalam keterangan tertulisnya yang diterima ANTARA, di Hainan, China, Selasa.

"Ini bagian dari upaya kami untuk terus mengoptimalkan pelayanan dan pelindungan WNI di luar negeri melalui berbagai inovasi pemanfaatan teknologi informasi," kata Konsul Jenderal RI Hong Kong Ricky Suhendar.

Ia berharap aplikasi tersebut bisa menjadi sumber informasi bagi para PMI di Hong Kong, dan memberikan manfaat kepada para PMI selama bekerja di Hong Kong.

Jumlah PMI di Hong Kong diperkirakan mencapai angka 180 ribu orang yang mayoritas perempuan bekerja di sektor informal.

Dari segi jumlah, PMI Hong Kong menduduki peringkat kedua di bawah pekerja migran asal Filipina.
Baca juga: PMI di Hong Kong dapat prioritas vaksin COVID-19
Baca juga: Himsataki usulkan karantina calon PMI ke Taiwan dan Hong Kong

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar