Cara enyahkan jerawat dalam semalam

Cara enyahkan jerawat dalam semalam

Ilustrasi jerawat (Pexel)

Jakarta (ANTARA) - Jerawat adalah infeksi mikro kecil pada folikel rambut, demikian Dr Purvisha Patel, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Visha Skincare dikutip dari Elle pada Selasa.

Sayangnya, Anda tak bisa benar-benar mengenyahkan jerawat dalam semalam.

"Tetapi Anda dapat membuatnya terlihat jauh lebih baik, jadi seolah-olah jerawat itu hilang," kata dia.

Aplikasikan produk berbahan khusus

Aplikasikan produk-produk berbahan benzoyl peroksida, sulfur, tea tree oil atau produk asam salisilat sebelum tidur.

Benzoyl peroksida adalah zat pemutih yang membunuh mikroba dan mampu mengeringkan minyak di folikel. Tea tree oil dan sulfur juga melakukan hal yang mirip dengan benzoyl peroksida dengan mengeringkan jerawat.

Baca juga: Cara mengatasi jerawat pada garis rahang

Baca juga: Cuci muka dengan sabun setiap ganti masker demi hindari jerawat


"Menggunakan produk ini bisa membuat jerawat terlihat mengecil di pagi hari," kata Dr Patel.

Dr Angela J. Lamb, Direktur Praktik Fakultas Dermatologi Westside Mount Sinai di New York City, Amerika Serikat merekomendasikan menggunakan produk topikal yang diresepkan, jika Anda kebetulan memilikinya di lemari obat Anda. Gel yang mengandung klindamisin, antibiotik, atau minocycline topikal dapat menyembuhkan jerawat dengan cepat.

Tetapi jika Anda lebih suka menggunakan produk yang tidak memerlukan resep dokter, Dr Patel dan Dr Lamb keduanya merekomendasikan untuk mencoba asam salisilat terlebih dahulu.

"Produk asam salisilat tidak hanya mengeringkan jerawat dan membunuh mikroba, tetapi juga mengelupas kulit di bagian atas agar kotoran yang terkumpul keluar dari folikel," kata Dr Patel.

Bersihkan wajah

Jangan abaikan kekuatan pembersih yang baik. Anda dapat menemukan satu yang mengandung bahan-bahan yang disebutkan di atas — seperti asam salisilat, atau berinvestasi dalam pembersih pengelupasan kulit yang bagus.

Penggunaan pembersih secara teratur tidak hanya akan mengobati jerawat yang Anda miliki, tetapi juga mencegah keadaan darurat di masa mendatang.

"Pembersih eksfoliasi sangat cocok untuk jerawat, karena membantu membuka pori-pori untuk tidak hanya mengobati jerawat, tetapi juga mencegahnya muncul," kata Dr Patel.

Krim hidrokortison yang dijual bebas bisa menjadi solusi cepat untuk kulit kemerahan, selama Anda tidak menggunakannya lebih dari tiga malam berturut-turut. Jangan melapisinya terlalu tebal: Ini bisa menyumbat pori-pori Anda jika Anda tidak hati-hati.

Sebaiknya cari krim hidrokortison berbahan dasar asam hialuronat karena asam hialuronat adalah molekul pengikat air yang tidak menyumbat pori-pori.

Hindari produk-produk yang bisa dimakan

Produk dengan minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak almond terdengar mewah dan sehat, tetapi dalam hal perawatan jerawat, itu hanya memperparah masalahnya. Hindari bahan-bahan yang dapat dimakan jika Anda berada di tengah krisis jerawat.

"Jika kita bisa memakan produknya, bakteri dan jamur bisa memakan produknya," kata Dr Patel, "dan ini mungkin bisa membuat lebih banyak jerawat."

Baca juga: Muncul alergi kulit selama WFH? Mungkin gara-gara stres

Baca juga: Tanda Anda kebanyakan asupan karbohidrat


Perawatan sendiri

Jika membeli produk baru bukanlah pilihan, coba membuat perawatan jerawat di rumah dengan beberapa bahan di dapur Anda. Coba yang berikut ini:

Pasta aspirin kecil yang dihancurkan dan ditempelkan pada jerawat membantu mengeringkan noda dan peradangan.

Pasta gigi — jenis yang tidak tembus cahaya, bukan gel — dapat digunakan untuk mengeringkan jerawat.

Es untuk jerawat merah langsung menyempitkan pembuluh darah dan membantu mengatasi kemerahan.

Boleh dipencet

Memencet jerawat biasanya sangat tidak dianjurkan. Tetapi jika jerawat memiliki mata yang besar — ​​dan semua isinya terlihat di bagian atas — Anda dapat menggunakan tangan yang bersih dan bersarung tangan atau penyeka kapas untuk memberikan tekanan lembut dan memencetnya.

Masalahnya, muncul ketika Anda memencet jerawat yang belum matang dan belum siap dihilangkan, atau dipencet dengan jari yang kotor.

"Meremasnya dengan kuku yang tidak steril dapat menyebabkan penyebaran infeksi mikro, lebih banyak peradangan dan jaringan parut," jelas Dr Patel. Jadi, dalam banyak kasus, lebih baik aman daripada menyesal.

Baca juga: 3 langkah menyamarkan bekas jerawat menurut Ahli

Baca juga: Pola makan untuk si kulit berjerawat


Baca juga: Kulit mudah berjerawat, hindari lima makanan ini

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar