Jakarta (ANTARA) - Produsen otomotif asal Korea Selatan, Kia, berencana untuk segera menangguhkan pabrik mereka yang berada di Amerika Serikat selama dua hari setiap akhir pekan karena krisis semikonduktor yang terus berkepanjangan.

Dikutip dari Kantor Berita Yonhap, Selasa, Kia akan menghentikan jalur perakitannya di Georgia dari Kamis hingga Jumat karena kekurangan chip, menyusul penangguhan pabrik selama dua hari bulan lalu.

Dalam hal ini, Pabrik Georgia, yang memproduksi Telluride, Sorento SUV, dan sedan K5, pabrik ini telah melahirkan 70.600 unit dalam tiga bulan pertama pada tahun ini.

Kia dikabarkan juga telah menghentikan produksi pabrik domestiknya di Gwangmyeong, barat Seoul, selama dua hari pada pekan lalu karena masalah yang sama, bergabung dengan produsen mobil lain yang terpaksa mengurangi produksi awal tahun ini.

Dalam konferensi tentang hasil pendapatan kuartal pertama bulan lalu, eksekutif Kia mengatakan kekurangan chip yang diperpanjang akan berdampak pada laba kuartal kedua produsen mobil.

Kemungkinan besar Kia akan terus menangguhkan pabrik mereka pada kuartal ini, karena pemasok chip yang berlokasi di luar negeri membutuhkan waktu untuk melanjutkan produksi setelah bencana alam dan kebakaran.



Baca juga: Kekurangan chip, VW akan hentikan produksi di Meksiko

Baca juga: Krisis semikonduktor, Nissan hentikan tiga pabrik

Baca juga: 100 ribu kendaraan Mazda terancam kekurangan chip di 2021
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021