Fokus utama kami adalah mempertahankan keadaan gencatan senjata, memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkannya,
Yerusalem (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken memulai kunjungannya ke Timur Tengah di Israel pada Selasa dan berusaha  meningkatkan gencatan senjata antara Israel dengan kelompok Hamas yang berkuasa di Gaza.

Kunjungan Blinken itu juga bertujuan untuk membantu mempercepat bantuan kemanusiaan ke daerah-daerah kantong Palestina yang hancur.

Bersamaan dengan misi Blinken, otoritas Israel mengatakan mereka mengizinkan bahan bakar, obat-obatan dan makanan yang dialokasikan untuk sektor swasta Gaza memasuki wilayah itu untuk pertama kalinya sejak 11 hari permusuhan lintas batas yang berakhir pada 10 Mei.

Baca juga: Polisi Gaza amankan hampir 300 rudal Israel yang gagal meledak
Baca juga: 277 warga sipil tewas, 8.500 luka-luka akibat agresi militer Israel


Blinken juga akan mengunjungi Ramallah di Tepi Barat yang diduduki, Kairo dan Amman, dengan Amerika Serikat menyimpan "setiap keyakinan dan harapan" bahwa gencatan senjata akan terus berlanjut, kata seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS.

"Fokus utama kami adalah mempertahankan keadaan gencatan senjata, memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkannya," kata pejabat AS itu yang bersedia menjadi nara sumber tanpa disebutkan namanya.

Mesir, yang berkoordinasi dengan Amerika Serikat, menengahi gencatan senjata antara Israel dan Hamas.

Blinken, yang akan tetap berada di Timur Tengah hingga Kamis, berencana untuk bertemu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Yerusalem dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah pada Selasa malam.

Sumber: Reuters

Baca juga: Biden kirim Blinken ke Timur Tengah di tengah gencatan senjata Gaza
Baca juga: Dua warga Israel ditikam, penyerang ditembak di dekat Yerusalem

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021