Siloam Hospitals dan BPJS beri perlindungan pekerja rentan di Surabaya

Siloam Hospitals dan BPJS beri perlindungan pekerja rentan di Surabaya

Direktur Rumah Sakit Siloam Hospitals Surabaya dr. Maria Magdalena Padmidewi, Sp.PK, dan Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Karimunjawa Indra Iswanto saat memberikan bantuan dana secara simbolis kepada perwakilan pekerja rentan di kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Jalan Karimunjawa, Kota Surabaya pada Senin (24/5/2021).   (FOTO ANTARA/HO-RS Siloam Surabaya)

Namun keselamatan dalam bekerja, tidak terkena dampak di situasi pandemi sekarang ini
Surabaya (ANTARA) - Siloam Hospitals Surabaya bekerja sama dengan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan memberikan perlindungan kepada ratusan pekerja rentan di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Direktur Rumah Sakit Siloam Hospitals Surabaya dr. Maria Magdalena Padmidewi, Sp.PK, di Surabaya, Selasa, mengatakan kondisi pandemi membuat dampak yang cukup besar di beberapa sektor, salah satunya sektor perekonomian.

Hal itu membuat banyak pekerja harus berhemat, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena adanya penurunan pendapatan.

Baca juga: Kota Surabaya siap terapkan UHC pada April 2021

"Namun keselamatan dalam bekerja, tidak terkena dampak di situasi pandemi sekarang ini. Kecelakaan kerja tetap dapat terjadi tanpa terduga," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, Siloam Hospital Surabaya bersama BPJS Ketenagakerjaan telah menggelar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan memberikan dukungan dana kepada 500 peserta program Gerakan Nasional Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran).

Adapun peserta GN Lingkaran yang mendapatkan bantuan adalah jemantik, serta mereka yang tergabung dalam komunitas pekerja tidak mampu, seperti pedagang kaki lima, tukang becak, dan juru parkir dan lainnya.

Bantuan itu secara simbolis telah diberikan kepada perwakilan penerima bantuan yang telah ditunjuk oleh Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Surabaya di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Jalan Karimunjawa pada Senin (24/5).

Baca juga: Pedagang di Surabaya bersyukur jalani operasi prostat dijamin JKN

Diketahui GN Lingkaran merupakan program BPJS Ketenagakerjaan, yang telah terbentuk sejak Agustus 2016. Program ini untuk memberikan perlindungan bagi pekerja, khususnya pekerja rentan yang berpenghasilan rendah.

Maria menjelaskan bahwa penerima bantuan bisa menggunakan dana bantuan tersebut, ketika mengalami kecelakaan saat bekerja. Pekerja bisa mendapatkan penanganan kecelakaan di rumah sakit rekanan BPJS Ketenagakerjaan, salah satunya di Siloam Hospitals Surabaya.

Baca juga: Dokter di Surabaya beri tips aman berpuasa bagi pasien diabetes

BPJS Ketenagakerjaan siap menanggung biaya penanganan kecelakaan kerja, sesuai dengan regulasi yang sudah berjalan.

"Kami berharap, kecelakaan kerja akan sangat minim terjadi, namun jika memang ada kejadian, biarlah support yang kami berikan dapat meringankan para pekerja dalam biaya yang timbul akibat kecelakaan kerja. Sebagai salah satu rekanan rumah sakit BPJS Ketenagakerjaan, kami bisa dan siap memberikan layanan medis bagi pekerja," ujar dr. Maria.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Karimunjawa Indra Iswanto sebelumnya menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan atau dukungan yang diberikan untuk GN Lingkaran.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, akan ada banyak pekerja yang memiliki penjaminan biaya ketika kecelakaan kerja terjadi khususnya mereka pekerja rentan," katanya. 

Baca juga: Dua rumah sakit swasta di Surabaya siapkan ruang isolasi baru


 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemenaker siap luncurkan Bantuan Subsidi Upah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar