Jakarta (ANTARA News) - Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus pendirinya Amien Rais menegaskan supaya kader PAN yang kini menjadi anggota DPR/DPRD maupun menteri dan kepala daerah menyetor 20 persen pendapatannya untuk partai.

"Saya berani hampir mewajibkan, kalau saudara sebagai kader PAN diberi oleh Allah rezeki potonglah 20 persen berikan kepada PAN untuk perjuangan," katanya dalam sambutan acara buka bersama dalam rangka peringatan HUT ke-12 PAN di Jakarta, Senin.

Ia menambahkan, bagi yang tidak mau memberikan 20 persen kepada partai, maka kader tersebut harus diingatkan. "Harus kita ingatkan," katanya.

"Petani yang kepanasan zakatnya 10 persen, kalau `white collar` (pekerja berdasi) yang cuma bermodalkan abab (omongan) kok zakatnya cuma 2,5 persen," katanya.

Ia mencontohkan, dengan gaji sekitar Rp40 juta bagi anggota DPR, maka setiap bulan setidaknya Rp8 juta harusnya disetor ke kas partai politik.

Ia menambahkan, dirinya meyakini PAN tidak akan memenangkan pemilu bila para kadernya kikir untuk partai. "Kita tidak akan mencapai dua digit kalau kader kita kikir," katanya.

Sementara itu, dalam buka puasa bersama di rumah PAN tersebut, tampak para politisi PAN seperti Wakil Ketua Umum Dradjad Wibowo, Ketua DPP PAN Bima Arya Sugiharto, Sekjend Taufik Kurniawan. Selain itu juga tampak Alvin Lie dan juga Anggota DPD AM Fatwa

Ketua Umum DPP PAN Hatta Radjasa tampak datang bersamaan dengan Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar yang juga merupakan politisi asal PAN. (M041/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010