Cirebon (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat, menyediakan tes antigen gratis di semua puskesmas, yang berada di daerahnya, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pada masa pandemi.

"Untuk mempermudah dan memperluas layanan, sejak 18 Mei 2021 tes antigen telah tersedia di semua puskesmas di Kota Cirebon," kata Kepala Seksi (Kasie) Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon Bastijan di Cirebon, Selasa.

Ia mengatakan tes antigen yang tersedia di semua puskesmas di Kota Cirebon, diberikan kepada masyarakat secara gratis.

Untuk itu setiap warga Kota Cirebon, akan dan telah melakukan perjalanan ke luar kota, maka dipersilahkan memanfaatkan layanan tersebut.

Baca juga: Ridwan: Kota Cirebon, satu-satunya di Jabar berzona merah COVID-19

Baca juga: Masuk zona merah, Wali Kota Cirebon minta masyarakat luar berhati-hati


"Diberikan secara gratis untuk masyarakat Kota Cirebon. Untuk itu, masyarakat yang membutuhkan layanan tes antigen diimbau untuk mendatangi puskesmas terdekat," tuturnya.

Bastijan menambahkan setelah libur Lebaran 2021, atas perintah Satgas Penanganan COVID-19, mereka telah melakukan tes antigen di sejumlah tempat keramaian.

Dimulai dari dua pusat perbelanjaan yaitu Pusat Grosir Cirebon (PGC) dan Cirebon Super Blok (CSB), dilanjutkan di Toserba Asia dan Surya dan kemudian dilakukan di alun-alun Kejaksaan.

"Kita telah mulai tes antigen sejak Jumat, 21 Mei, lalu. Di mana sejumlah pengunjung yang tidak menggunakan masker langsung kami tes," katanya.

Saat ini Kota Cirebon menjadi satu-satunya, daerah di Provinsi Jawa Barat, yang masuk zona merah atau berisiko tinggi dalam penyebaran COVID-19, untuk itu Pemkot Cirebon meminta semua masyarakat tetap waspada.*

Baca juga: Polresta Cirebon putar balik dua pemudik reaktif COVID-19

Baca juga: Wagub Jabar tinjau vaksinasi di Ponpes Kempek Cirebon

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021